visitaaponce.com

Lembang masih Jadi Primadona Tujuan Wisata di Bandung Barat

Lembang masih Jadi Primadona Tujuan Wisata di Bandung Barat
Pengunjung menikmati wahana yang berada di objek wisata The Lodge Maribaya, Desa Cibodas, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat,(MI/DEPI GUNAWAN)

SEMPAT terpuruk selama lebih dari dua tahun akibat pandemi covid-19,
tingkat kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bandung Barat kembali bergeliat dan terus mengalami kenaikan signifikan.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan total wisatawan yang berkunjung ke Bandung Barat pada 2023 menembus 3.812.202 orang.

"Pasca pandemi, alhamdulillah trend kunjungan wisatawan ke Bandung Barat terus naik. Total kunjungan tahun kemarin mencapai 3 juta orang lebih," kata Kepala Bidang Pariwisata Bandung Barat, David Oot, Jumat (19/1).

Ia menjelaskan, objek wisata kawasan Lembang masih tetap menjadi primadona sepanjang 2023. Kenaikan tingkat kunjungan terjadi pada setiap momen libur besar seperti lebaran, Natal dan Tahun Baru serta liburan sekolah.

"Munculnya destinasi wisata baru menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang, khususnya ke Lembang dan sekitarnya. Lembang juga menjadi daerah di Bandung Barat yang paling banyak memiliki destinasi wisata," ungkapnya.

Menurut David, banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Bandung Barat berdampak positif terhadap okupansi hotel yang turut mengalami peningkatan karena banyak wisatawan luar daerah menginap di sejumlah hotel, terutama Lembang.

"Selain itu, kondisi ini mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat, restoran sampai warung nasi ikut terdongkrak naik. Industri rumahan pembuat cinderamata juga terkena dampaknya," ujarnya.

Disparbud mencatat, kunjungan wisatawan tertinggi pada 2023 terjadi pada Juni yakni sebanyak 532.630 orang karena pada bulan tersebut banyak tanggal merah yang berdekatan dengan akhir pekan.

"Orang memanfaatkan tanggal merah yang berdekatan dengan weekend untuk
liburan, salah satunya ke Lembang dan sekitarnya," tuturnya. (SG)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat