visitaaponce.com

Ini Pantangan dan Perawatan Usai Suntik Filler Biar Optimal

Ini Pantangan dan Perawatan Usai Suntik Filler Biar Optimal
Setelah melakukan suntik filler, jangan lupa pantangan dan perawatan yang perlu diikuti. Simak penjelasannya berikut.(Freepik)

SETELAH menjalani prosedur suntik filler, dibutuhkan perawatan yang optimal guna mencegah komplilkasi. Di samping tetap menjaga perawatan wajah yang dilakukan secara rutin. 

"Setelah melakukan filler, tidak cukup hanya melakukan perawatan khusus untuk mengisi filler tersebut. Perawatan harian seperti menggunakan sunscreen dan moisturizer tetap diperlukan untuk menjaga efek filler dan kecerahan kulit," ujar dokter kulit Dr. Kardiana Dewi SpDVE, FINSDV dalam 'Embracing Diverse Beauty with the Versatility of HA Fillers' di Jakarta Selatan, Senin (10/6).

Pantangan dan Perawatan usai prosedur suntik filler

Pantangan

  1. Hindari pijatan atau sentuhan pada area yang telah disuntik, karena hal ini dapat mengganggu distribusi filler dan menyebabkan pergeseran yang tidak diinginkan.
  2. Jauhi makanan atau minuman panas yang dapat menyebabkan iritasi atau peradangan di area yang disuntik, yang dapat mempengaruhi hasil filler.
  3. Batasi konsumsi alkohol dan hindari merokok, karena kedua hal tersebut dapat mengganggu proses penyembuhan dan menurunkan kualitas kulit.
  4. Hindari paparan sinar matahari langsung atau UV, yang dapat menyebabkan pigmentasi tidak merata dan kerusakan kulit yang lebih lanjut.
  5. Tunda prosedur lain seperti laser atau tindakan kecantikan lainnya, untuk memberi waktu bagi filler untuk menetap dan area yang disuntik untuk pulih sepenuhnya.

Perawatan

  1. Gunakan sunscreen dengan SPF tinggi dan moisturizer setiap hari untuk melindungi kulit dari sinar UV dan menjaga kelembapan.
  2. Hindari aktivitas fisik yang berlebihan minimal 2 hari setelah prosedur, untuk mencegah pergerakan yang berlebihan di area yang disuntik.
  3. Jangan membungkuk atau memberikan tekanan berlebihan di daerah yang disuntik, agar filler tetap terdistribusi dengan merata.
  4. Jaga agar area yang disuntik tidak terpapar sinar matahari langsung, dan gunakan topi atau payung jika perlu.
  5. Hindari penggunaan produk kosmetik yang mengandung bahan kimia berpotensi merusak, dan pilih produk yang lembut dan cocok untuk kulit sensitif.

Bagi kamu yang melakukan suntik filler di dagu, Kardina membagi cara menjaga keawetannya. Menurutnya, keawetan filler pada dagu dapat bervariasi antara 4 bulan hingga 2 tahun, tergantung pada beberapa faktor. 

Baca juga : Kebangkitan J-Beauty: Perpaduan Tradisi dan Teknologi Perawatan Kulit Jepang

Faktor-faktor tersebut meliputi jenis filler yang digunakan, teknik injeksi yang tepat, perawatan pasca-prosedur, dan metabolisme individu. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, pasien dapat memperkirakan durasi dan masa pakai filler dagu dengan lebih baik.

Kardiana juga menekankan pentingnya memperhatikan asupan makanan bergizi dan suplemen yang disarankan oleh dokter untuk mendukung proses penyembuhan dan mempertahankan hasil filler. 

"Dengan mematuhi pantangan dan melakukan perawatan yang tepat, hasil suntik filler dapat tetap awet dan memberikan tampilan yang lebih menarik dan natural," ujarnya. 

Menurutnya, kesadaran dan komitmen terhadap perawatan kulit pasca-suntik merupakan investasi jangka panjang untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Dengan mengikuti panduan ini, diharapkan individu dapat meraih hasil yang optimal dari prosedur suntik filler dan mempertahankan penampilan yang memukau dan sehat. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat