visitaaponce.com

Kebangkitan J-Beauty Perpaduan Tradisi dan Teknologi Perawatan Kulit Jepang

Kebangkitan J-Beauty: Perpaduan Tradisi dan Teknologi Perawatan Kulit Jepang
Ilustrasi - Kecantikan Jepang, telah lama menjadi pelopor dalam industri perawatan kulit dengan inovasi produk dan teknologi mutakhir. (AFP)

BEBERAPA dekade terakhir, berbagai mereka kecantikan Korea menarik perhatian kaum hawa. Apalagi popularitas budaya K-pop yang kian menarik perhatian. 

Hal itu membuat kecantikan Jepang atau J-beauty mengambil posisi belakang. 

Padahal perawatan kecantikan Jepang dinilai lebih lembut, lebih zen, dan fokus pada kondisi saat ini. 

Baca juga : Sharp Tech Day Pamerkan Lebih dari 40 Solusi Teknologi

Namun jangan salah, merek kecantikan Jepang, yang menetapkan standar awal untuk inovasi perawatan kulit mutakhir, tidak pernah benar-benar pergi, dan terus diam-diam mendorong batas dan menangkap hati serta uang konsumen setia di seluruh dunia. 

Saat permintaan akan kecantikan Korea stabil, apakah saatnya dunia perawatan kulit Jepang yang lembut namun kuat bersinar kembali?

Kekuatan Perawatan Kulit Jepang

Beberapa merek telah memainkan peran penting dalam membentuk lanskap perawatan kulit Jepang. Shiseido, didirikan tahun 1872 di Ginza, dianggap sebagai salah satu perusahaan kosmetik tertua di dunia. Brand ini terus mendorong batas dengan inovasi produk dan penelitian terobosan selama beberapa dekade.

Baca juga : Rheem Raih Dua Penghargaan Bergengsi dari Edison Awards 2023

Shiseido tetap menjadi raksasa di industri kecantikan, memiliki lusinan merek prestisius, mulai dari label Jepang seperti Cle de Peau Beaute dan Issey Miyake hingga merek internasional seperti Drunk Elephant dan Dr Dennis Gross.

Nama Jepang terkenal lainnya adalah Shu Uemura. Didirikan tahun 1967 oleh artis make-up Shu Uemura, perusahaan ini memberi dunia minyak pembersih ikonik, yang menggabungkan minyak botani dengan teknologi canggih yang menargetkan berbagai masalah kulit, serta memperkenalkan koleksi make-up yang sarat dengan seni Jepang.

Tentu saja, ada juga SK-II, yang terkenal mengembangkan produk favorit berbasis proses fermentasi yang digunakan dalam produksi sake. Para pionir ini tidak hanya menciptakan produk; mereka merancang warisan yang terus menjadi tolok ukur industri.

Baca juga : Penuhi Permintaan Konsumen, Derma Express Hadir di Surabaya

Tradisi dan Teknologi

Jepang identik dengan inovasi teknologi. Industri perawatan kulitnya tidak berbeda. Bagi merek-merek Jepang, menggabungkan kebijaksanaan tradisi kuno dengan teknologi ilmiah mutakhir adalah hal yang alami.

Merek-merek seperti Shiseido, Kanebo, dan SK-II selalu berada di garis depan, bereksperimen dengan bahan-bahan baru dan formula yang inovatif. Dari memanfaatkan kekuatan bahan-bahan alami, yang sering kali unik di Jepang, seperti matcha, sake, minyak dedak padi, dan ekstrak daun sakura. Mereka kemudian merevolusi cara bahan aktif ini disalurkan ke kulit, merek kecantikan Jepang juga memimpin dalam teknologi nano dan enkapsulasi.

Namun meskipun inovasi dan teknologi tampak terbangun dalam perawatan kulit Jepang, gagasan tentang ritual kecantikan Jepang yang tradisional dan penuh kesadaran juga memiliki akar yang dalam. Rasa sejarah yang kaya dan tradisi kuno yang berpadu dengan kemajuan ilmiah ultra-modern adalah salah satu daya tarik tak terbantahkan dari kecantikan Jepang.

Baca juga : Tunda Penuaan Kulit dengan Terapi Ultraformer MPT

Warisan Dasar

Pembersihan, pelembab, dan perlindungan bukan hanya fundamental dalam perawatan kulit Jepang; mereka membentuk dasar dari warisan yang telah diwariskan melalui generasi. Salah satu aspek signifikan dari rutinitas ini adalah pembersihan ganda, metode yang pertama-tama menghilangkan make-up dan kemudian membersihkan kulit, teknik yang kini diadopsi secara global.

Beberapa orang mengatakan pembersihan ganda diwariskan dari para geisha Jepang. Para geisha perlu menghilangkan make-up berbasis minyak putih tebal dengan memijat minyak botani ke kulit mereka, sebelum membilasnya dan menyelesaikan rutinitas dengan pembersih berbusa.

Langkah perawatan kulit lainnya yang dipelopori Jepang adalah perlindungan UV. Jauh sebelum menjadi perhatian mainstream, perempuan Jepang telah melindungi kulit mereka dari sinar matahari yang merusak dengan memasukkan tabir surya ke dalam rejimen perawatan kulit mereka. Perusahaan perawatan kulit Jepang masih membuat beberapa tabir surya paling populer di dunia.

Inovasi J-beauty

Inovasi seperti metode pembersihan ganda, essence perawatan kulit, layering (menggunakan toner, lotion, dan essence dalam urutan tersebut untuk memungkinkan penyerapan produk maksimal), dan tabir surya SPF tinggi sekarang diadopsi secara luas dan dihormati para penggemar kecantikan.

Filosofi hidrasi lembut, secara konsisten membangun ketahanan kulit seiring waktu, dan memelihara penghalang alami kulit adalah, dan masih, elemen khas dari J-Beauty.

Dengan mempelopori kemajuan dalam penggunaan bahan-bahan seperti asam hialuronat dan ceramide, perusahaan-perusahaan Jepang telah mempengaruhi perawatan kulit modern, menetapkan standar baru dan inspirasi bagi merek-merek di seluruh dunia.

Popularitas yang meningkat dari merek kecantikan Korea, beberapa di antaranya berbagi prinsip J-beauty tentang ritual tradisional yang dipadukan dengan inovasi teknologi, adalah peluang bagi merek kecantikan Jepang untuk meningkatkan taruhan.

Komitmen terhadap inovasi, kualitas, dan efektivitas, serta reinventasi tradisi kuno untuk memenuhi kebutuhan konsumen kontemporer, sambil mempertahankan esensi yang membuat mereka sangat khas Jepang – inilah cara J-beauty dapat merebut kembali mahkotanya.

Berikut beberapa merek yang memimpin dengan produk baru yang inovatif.

Kose Sekkisei

Merek perawatan kulit ini menyajikan ramuan herbal Asia kuno yang dikombinasikan dengan penelitian ilmiah dengan harga terjangkau, dan baru-baru ini merumuskan kembali salah satu pahlawan perawatan kulitnya, membuatnya lebih mengesankan. Essence Milk baru memiliki formula super tahan air, tiga jenis Job’s Tears untuk meningkatkan kelembapan dan kejernihan kulit, dan menggunakan teknologi Stretch Veil – campuran seimbang dari dua polimer – untuk menciptakan tabir surya yang kuat, namun fleksibel melekat pada kulit, mencegah noda bahkan saat kulit bergerak.

SK-II Signature Brightening Series

Daya tarik SK-II tetap bertahan, dengan koleksi pencerahan terbaru mereka memperkuat posisi mereka sebagai pemimpin dalam memberikan kulit bercahaya dan tembus cahaya. GenOptics Ultraura Essence adalah hasil dari lebih dari 26 tahun penelitian terobosan di bidang pencerahan kulit, dan menampilkan bahan khas SK-II, PITERA. Atmosphere Airy Light UV Cream SPF50+/PA++++ baru adalah pelindung matahari ringan yang melindungi terhadap penuaan foto dan mencegah bintik, kekusaman, dan tekstur kulit kasar.

Suqqu Protecting Day Cream SPF50+

Mungkin yang dapat membuat orang paling bersemangat tentang perawatan kulit Jepang lagi adalah merek-merek segar yang belum terlalu mainstream. Meskipun SUQQU bukan merek kecantikan baru, debutnya tahun 2003, label make-up dan perawatan kulit kultus ini tetap hanya tersedia di beberapa negara di luar Jepang, dan telah disebut sebagai rahasia kecantikan terbaik Jepang. Para pecinta kecantikan memuji perawatan kulit mereka, terutama tabir surya, dan Protecting Day Cream SPF50+ menampilkan tiga jenis penghambat UV untuk memberikan perlindungan UV tinggi dengan rasa nyaman dan hasil akhir berkilau, serta menawarkan efek penghalang kulit dan kelembapan yang tahan lama.

Cle de Peau Beaute Eye Contour Cream Supreme

Label perawatan kulit Jepang yang sangat mewah ini meraih kemenangan terbaru dengan krim mata yang mengandung Ekstrak Lempuyang, bahan kuat yang lima kali lebih terkonsentrasi daripada formula sebelumnya, untuk melawan perubahan kontur mata dan memaksimalkan produksi serat aktin. Ekstrak Kulit Jeruk Unshiu menargetkan perubahan warna di sekitar area mata dan mencerahkan kulit. Ini didukung oleh penelitian terdepan tentang pilar struktural kulit, dan berdasarkan konsep pengobatan regeneratif, untuk membantu mengatasi tanda-tanda penuaan sebelum mereka muncul. (CNA/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat