visitaaponce.com

Umur di Tangan Tuhan, Bantuan Hidup Dasar Mesti Dilakukan

Umur di Tangan Tuhan, Bantuan Hidup Dasar Mesti Dilakukan
Dr. Naurah Zainar Aufaira,SpOk, Dokter Spesialis Kedokteran Okupasi, Anggota PERDOKI dan IDKI(Dok Pribadi)

KEMATIAN pemain bulu tangkis tunggal putra Tiongkok, Zhang Zhi Jie, saat tampil di Badminton Asia Junior Championships 2024, di GOR Amongrogo, Yogyakarta, pada hari Minggu 30/6/2024 kemarin, terasa sangat membuat prihatin praktisi Pertolongan Pertama Pada Keselakaan (P3K), yaitu orang-orang yang terlatih memberikan pertolongan pertama pada kasus kegawatdaruratan. 

Video yang beredar luas memperlihatkan betapa petugas lapangan dan petugas medis tidak bertindak cepat dan agresif memberikan pertolongan bantuan hidup dasar pada Zhang Zhi Jie yang mendadak tidak sadarkan diri. Entah karena petugasnya belum terlatih memberi pertolongan bantuan hidup dasar atau karena belum menyadari kalau Zhang Zhi Jie dalam kondisi gawat darurat dan tidak sadarkan diri.

Zhang Zhi Jie masih berusia sangat muda, baru 17 tahun, sehat dan tentu rajin berlatih bulu tangkis. Kematian memang tidak bisa dihindari oleh siapapun, namun tindakan pertolongan pertama pada kondisi darurat seperti yang terjadi pada Zhang Zhi Jie yang mendadak tidak sadarkan diri harus nya dilakukan dan bisa diatasi di tempat dengan segera oleh tim yang ada dilapangan dan tim medis. 

Baca juga : Berkaca dari Zhang Zhi Jie, Atlet Juga Perlu Cek Kesehatan Jantung

Nampaknya panitia tidak siap dengan kejadian ini. Tampak penjaga garis tidak terlatih menangani bantuan hidup dasar, dia hanya bolak balik saja. Padahal dia bisa membalikkan badan korban sehingga dapat bernafas lega. Selain itu, petugas medis lambat sekali bertindak dan datang dengan alat seadanya, tidak terlihat melakukan CPR atau pemberian oksigen segera. Ikhtiar kurang maksimal dan kurang professional. Mata dunia International kadung sudah melihat ketidaksiapan panitia memberi bantuan pada peserta pertandingan. 

Negara Tiongkok yang mengirim Zhang Zhi Jie sebagai peserta tentu tidak menerima begitu saja peristiwa ini. Bukan karena pemain nya meninggal dunia saat bertanding tapi karena tidak adekuatnya pertolongan pertama yang harus diberikan.

Pertolongan pertama pada kasus gawat darurat dapat diberikan oleh siapa saja yang terlatih untuk melakukan pertolongan bahkan oleh orang awam sekalipun. Ada pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) bagi korban yang tidak sadarkan diri seketika, baik karena faktor kecelakaan maupun karena sakit atau sebab lain yang belum diketahui. 

Baca juga : Cerita Zhang Zhi Jie Belikan Hadiah untuk Ibu, Kakek dan Neneknya dari Bonus Pertama Turnamen

Semua lembaga, kantor-kantor pemerintahan, kantor-kantor swasta harusnya memberikan pelatihan pada semua karyawan nya untuk mampu melakukan pertolongan bantuan hidup dasar bagi korban yang mendadak tidak sadarkan diri. Terutama pekerja pekerja yang berhadapan langsung dengan orang banyak seperti polisi lalu lintas, petugas di mall, petugas bandara dan lain-lain termasuk juga petugas petugas lapangan pada saat ada pertandingan.

Ilmu tentang Bantuan Hidup Dasar atau BHD tidak bisa dianggap sepele. Karena waktu untuk memberikan pertolongan pertama pada korban yang tidak sadarkan diri secara mendadak hanya 4-6 menit. Dan lebih dari itu bisa dikatakan pertolongan yang terlambat. Ilmu BHD dapat diperoleh lewat pelatihan P3K. 

Pelatihan P3K bisa diperoleh di embaga-lembaga pelatihan kesehatan baik oleh lembaga pemerintah maupun oleh swasta. Tapi kebanyakan pelatihan ini diberikan oleh pelatihan kesehatan swasta. Memang memberi malu pada Indonesia karena ketidaksiapan petugas P3K pada pertandingan tersebut. Namun, ada pelajaran yang bisa dipetik lewat kasus tersebut, yaitu, betapa pentingnya melatih semua komponen masyarakat terkait bantuan hidup dasar pada orang yang membutuhkan. Karena kondisi darurat tidak kenal tempat, tidak kenal jenis kelamin, tidak kenal usia, tidak kenal waktu dan peristiwa. (H-2)
 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat