visitaaponce.com

Atlet China Zhang Zhi Jie Meninggal Dunia Akibat Serangan Jantung, Mengapa Bisa Terjadi

Atlet China Zhang Zhi Jie Meninggal Dunia Akibat Serangan Jantung, Mengapa Bisa Terjadi?
Penyebab Zhang Zhi Jie meninggal dunia(Ilustrasi)

KABAR mengejutkan datang dari dunia olahraga. Atlet badminton China, Zhang Zhi Jie, meninggal dunia saat mengikuti kompetisi Badminton Asia Junior Championships 2024 yang diadakan di GOR Amongrogo, Yogyakarta, pada Minggu (30/6).

Zhang Zhi Jie dinyatakan meninggal dunia pada pukul 20.23 WIB.

Zhang Zhi Jie jatuh dan mengalami kejang-kejang di tengah lapangan saat bertanding melawan Kazuma Kawamo dari Jepang dalam babak penyisihan grup D.

Baca juga : Baru Berusia 17 Tahun, Begini Prestasi Zhang Zhi Jie dalam Dunia Bulutangkis

Kejadian ini terjadi dengan skor imbang 11-11 di babak pertama. Saat ingin menerima servis dari Kazuma Kawamo, Zhang Zhi Jie tiba-tiba terjatuh dan mengalami kejang.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Sport Medicine Doctor M. Ikhwan Zein memberikan penjelasan mengenai serangan jantung saat berolahraga melalui laman Instagram resminya. Menurut dia, serangan jantung bisa mengenalinya dari empat gejala: pertama, mendadak jatuh tanpa kontak atau benturan; kedua, hilang kesadaran; ketiga, pernapasan yang abnormal; dan terakhir, adanya kejang dalam ritme rendah.

"Jika Anda menemukan dua di antaranya, yaitu tiba-tiba terjatuh tanpa adanya kontak dan hilangnya respon atau kesadaran, maka Anda bisa menduga atlet tersebut sedang mengalami serangan jantung," kata Ikhwan.

Kejadian ini tentu menjadi duka yang mendalam bagi dunia bulutangkis. Rasa kehilangan mendalam dirasakan oleh seluruh komunitas bulutangkis atas kepergian salah satu atlet berbakatnya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat