visitaaponce.com

Kemnaker dan ZENRYO-REN Gelar Business Matching untuk Pekerja Migran Indonesia

Kemnaker dan ZENRYO-REN Gelar Business Matching untuk Pekerja Migran Indonesia
Business Matching pasar kerja Explor Karir Peluang Kerja Perhotelan Jepang (Ryokan)(Dok. Kemnaker)

KEMENTERIAN Ketenagakerjaan bekerjasama dengan All Japan Ryokan and Hotel Associations (ZENRYO-REN) dan Japan International Cooperation Agency (JICA) mengadakan business matching terkait pasar kerja perhotelan (Ryokan) di Jepang. Melalui Business Matching ini, pemerintah berupaya memfasilitasi pertemuan antara perusahaan perhotelan di Jepang dengan Perusahaan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) yang menyediakan calon Pekerja Migran Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi, menjelaskan pertemuan ini adalah agar kedua belah pihak dapat berkomunikasi secara intensif mengenai kebutuhan spesifik perusahaan perhotelan di Jepang.

"Diharapkan P3MI dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan menyediakan tenaga kerja yang sesuai, sehingga proses pencocokan antara supply dan demand dapat tercapai," ujar Anwar Sanusi saat membuka acara tersebut pada Selasa (2/7) melalui sambungan video.

Baca juga : Kementerian Ketenagakerjaan Berangkatkan 160 Peserta Magang ke Jepang

Anwar menambahkan bahwa dalam kegiatan ini juga diadakan Explor Karir Peluang Kerja Perhotelan Jepang (Ryokan). Acara ini bertujuan memfasilitasi lembaga pelatihan kerja perhotelan, baik yang diselenggarakan oleh Kemnaker melalui BPVP di Cevest (Bekasi), Medan, dan Lombok Timur, maupun oleh pihak lain seperti Kementerian Pariwisata dan swasta, Sekolah Menengah Kejuruan dan Perguruan Tinggi dengan jurusan perhotelan, serta lembaga pelatihan bahasa Jepang.

"Kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada masyarakat umum untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai peluang kerja di sektor perhotelan di Jepang, termasuk di Ryokan," katanya.

Anwar Sanusi juga berharap agar P3MI yang hadir dapat memanfaatkan kegiatan ini sebaik mungkin, mengingat industri perhotelan di Jepang tengah membutuhkan banyak tenaga kerja.

"Kami berharap P3MI dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik untuk menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan perhotelan Jepang yang hadir," ujarnya.

Business Matching dan Explor Karir ini diikuti oleh 30 perusahaan perhotelan dari Jepang serta 110 P3MI. #MIA (RO/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat