visitaaponce.com

Peduli Kesejahteraan Pekerja, Kemnaker-BKKBN Gelar Pelayanan KB di Tempat Kerja

Peduli Kesejahteraan Pekerja, Kemnaker-BKKBN Gelar Pelayanan KB di Tempat Kerja
pelayanan KB di Tempat Kerja(Dok. Kemnaker)

LAYANAN Keluarga Berencana (KB) di tempat kerja digelar serentak Kementerian Ketenagakerjaan bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Hal ini merupakan bentuk kepedulian dan perayaan Hari Buruh Internasional (May Day) dan Hari Keluarga Nasional ke-31 Tahun 2024.

“Melalui program ini, kita dapat mengakui pentingnya fasilitas kesejahteraan bagi pekerja sebagai upaya untuk menjaga kesehatan reproduksi mereka. Hal ini tidak hanya akan berdampak pada kesejahteraan keluarga pekerja, namun juga pada pencegahan stunting di Indonesia,” kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat memberikan pengantar di acara Layanan Keluarga Berencana (KB) Serentak di Lokasi Kerja di Djarum Oasis Kretek Factory, Kudus, Jawa Tengah, Rabu (15/5).

Ida menegaskan bahwa kerja sama antara Kemnaker dan BKKBN bertujuan untuk mendukung kesehatan pekerja dan keluarganya, sehingga mereka tidak perlu khawatir tentang kondisi kesehatan mereka.

Baca juga : Hadiri Puncak Harganas ke-29, Ini Agenda Presiden selama di Medan

"Pekerja yang sehat dan bugar akan lebih produktif dalam bekerja, yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan mereka dan keluarganya, serta memberikan manfaat bagi perusahaan,” ujarnya.

Ida menjelaskan bahwa penyediaan fasilitas kesejahteraan, termasuk layanan KB, merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Penyediaan fasilitas ini juga berkaitan dengan hak-hak perempuan pekerja untuk meningkatkan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja Perempuan (TPAK).

"Ini sejalan dengan semangat RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak, yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup ibu dan anak untuk mencapai kesejahteraan lahir dan batin,” tambahnya.

Direktur Jaminan Hari Tua dan Jaminan Sosial Indah Anggoro Putri menyatakan bahwa Layanan KB Serentak di Tempat Kerja difokuskan di Djarum Oasis Kretek Factory Kudus karena perusahaan tersebut memiliki mayoritas pekerja perempuan dan fasilitas kesehatan yang memadai. Sasaran layanan KB termasuk Pasangan Usia Subur (PUS) dengan berbagai jenis pelayanan, seperti KB Ulangan, penggantian metode, dan pelayanan KB Baru termasuk KB Pasca Persalinan.

Ia menambahkan bahwa ini merupakan kali pertama pelaksanaan Layanan KB Serentak di Tempat Kerja dilakukan. Sebagai langkah awal, pada tanggal 3 Mei 2024, telah dilakukan pelayanan KB bagi 100 pekerja akseptor KB di Provinsi Jambi. Selanjutnya, pada akhir bulan Mei 2024, kegiatan serupa akan dilakukan di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. #MIA (RO/Z-10)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat