visitaaponce.com

Hadiri Puncak Harganas ke-29, Ini Agenda Presiden selama di Medan

Hadiri Puncak Harganas ke-29, Ini Agenda Presiden selama di Medan
Ilustrasi(Instagram BKKBN)

PRESIDEN Joko Widodo akan menghadiri peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 yang dipusatkan di Kota Medan, Sumatra Utara (Sumut), hari ini. Presiden diagendakan melakukan kunjungan kerja selama dua hari di sana.

"Presiden melakukan kunjungan kerja di Sumut selama dua hari, termasuk menghadiri Peringatan Hari Keluarga Nasional di Kota Medan," jelas Plt Kadis Kominfo Sumut Kaiman Turnip.

Ia mengatakan, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta rombongan sudah tiba di Sumut. Mereka datang melalui Pangkalan Udara Soewondo, Medan, sejak Selasa (5/7). Pada Kamis, 7 Juli 2022, Presiden diagendakan menghadiri peringatan Harganas di Lapangan Merdeka Medan sekitar pukul 10.00 WIB.

Sebelumnya, Presiden memberi bantuan uang tunai kepada keluarga penerima manfaat dari Program Keluarga Harapan (PKH), di Pasar Petisah, Medan. Di pasar itu Jokowi juga akan menyerahkan bantuan sembako kepada para pedagang dan berbagai kalangan masyarakat lain.

Dilanjutkan dengan penyerahan bantuan minyak goreng merah dan traktor, di Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) di Jl. Katamso, Medan. Selain memberi pengarahan, dalam kehadirannya di Harganas Jokowi juga direncanakan menyerahkan penghargaan Mandala Karya Kencana (MKK) kepada 13 Kepala Daerah.

MKK merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah melalui BKKBN kepada sosok yang dinilai berdedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk, Keluarga Berencana (KB) dan pembangunan keluarga.

Pada kegiatan tersebut Presiden juga akan menyerahkan penghargaan inovasi stunting serta melakukan video conference dengan lima provinsi. Rencananya, Presiden Joko Widodo pun akan melakukan peletakan batu pertama revitalisasi Lapangan
Merdeka Medan, di sela-sela peringatan Harganas.

Kaiman mengatakan Pemprov Sumut merasa bangga Presiden bisa langsung datang pada peringatan Harganas di Medan. Dia yakin dengan kedatangan Presiden, semangat provinsinya untuk memerangi stunting dapat meningkat.

Sampai sekarang Sumut masih memiliki prevalensi stunting hingga 25,8%. Angka itu hampir dua kali lipat lebih tinggi dari target nasional yang hanya sebesar 14% pada 2024.

Setelah Harganas, Joko Widodo masih melakukan agenda lain di Medan, sebelum kembali ke Jakarta, yakni meninjau lokasi bedah rumah di Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan.

Dilanjutkan dengan pemberian bantuan makanan tambahan untuk anak-anak stunting dan kalangan lanjut usia (lansia). Sehari sebelum ke Medan, Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Nias Barat dan Kabupaten Nias Utara.

Kaiman mengatakan, Pemprov Sumut juga yakin kedatangan Presiden ke wilayahnya bisa memberi hal positif bagi masyarakat, khususnya kepada mereka yang dapat bertemu langsung. Pemprov berharap masalah pada daerah-daerah yang didatangi kepala negara juga dapat lebih cepat dibantu
penanganannya oleh pusat atas perintahnya langsung. (H-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat