visitaaponce.com

Presiden Jokowi Minta Menkes Bikin Harga Obat Lebih Murah

Presiden Jokowi Minta Menkes Bikin Harga Obat Lebih Murah
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin(MI/Ramdani)

Presiden Joko Widodo menginstruksikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk mencari formulasi yang tepat agar harga alat-alat kesehatan dan obat-obatan bisa lebih murah sehingga bisa bersaing dengan negara-negara tetangga. Menkes diberi waktu dua minggu untuk melaporkan hasil formulasi ke Presiden.

"Yang pertama, Presiden ingin harga alat kesehatan dan obat-obatan itu bisa sama dengan negara-negara tetangga. Hal ini karena harga alat kesehatan dan obat-obatan yang mahal," kata Budi usai menghadiri rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (2/7).

Presiden juga berpesan agar obat-obatan dan alat kesehatan industri dalam negeri dibangun secara masif. Tujuannya supaya sektor industri kesehatan di Indonesia lebih memiliki daya tahan.

Baca juga : Menkes Harap Industri Suplai 50% Kebutuhan Alat Kesehatan

"Ini perlu dilakukan agar kita bisa lebih resilience kalau ada pandemi lagi," kata Budi.

Dalam rapat tersebut, Kepala Negara juga menyinggung soal industri farmasi dan alat kesehatan di Indonesia yang menurutnya tidak kunjung bergerak maju. Budi pun memberi masukan kepada Presiden mengenai faktor yang mungkin saja menjadi penyebab, yaitu tidak efisiennya sisi jalur perdagangan.

Selain itu, kata Budi, tata kelola perdagangan dan distribusi obat-obatan juga harus dibikin lebih transparan dan terbuka.

"Sehingga tidak ada peningkatan harga yang tidak masuk akal, atau peningkatan harga yang tidak perlu dalam proses pembelian alat kesehatan dan obat-obatan. Itu lebih pada masalah tata kelola dan desain proses pembelian kita seperti apa," kata Budi.

Harga alat kesehatan dan obat-obatan di Indonesia, kata Budi, lebih tinggi tiga hingga lima kali lipat daripada harga di Malaysia.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat