visitaaponce.com

Program Kompetisi Ini Bantu Perempuan Pelaku UKM Kembangkan Usaha

Program Kompetisi Ini Bantu Perempuan Pelaku UKM Kembangkan Usaha
Salah satu finalis IMF Season 3 menjalani sesi penjurian.(Dok. Gratyo)

MENTERI Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop & UKM) Teten Masduki mengatakan 64,5% pelaku UMKM di Indonesia adalah perempuan. Menurut data UN Woman, satu dari tiga wanita di dunia merupakan pelaku usaha mikro, tapi sayangnya keuntungan rata-rata yang didapatkan oleh pelaku usaha perempuan lebih kecil dibandingkan laki-laki.

Fakta tentang kesenjangan inilah yang membuat business coach dari Gratyo Practical Business Coaching, Yohanes G. Pauly, membuat program kompetisi Indonesia Mencari Founders (IMF) Season 3 khusus untuk para womenpreneur (perempuan pelaku usaha) dan couplepreneur (pasangan pelaku usaha)Yohanes menjelaskan, Presiden Joko Widodo pernah menyatakan perempuan Indonesia memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi bangsa. Dengan mendukung perempuan pelaku usaha, kita tidak hanya memberdayakan wanita, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Hal senada disampaikan Menkop & UKM, bahwa dengan memberikan dukungan yang tepat, womenpreneur dan couplepreneur dapat menjadi motor penggerak ekonomi yang kuat.

“Di sinilah IMF lahir sebagai langkah konkret mendukung upaya pemerintah dalam membangun ekosistem kewirausahaan yang inklusif dan berkelanjutan,” papar Yohanes pada penjurian finalis IMF Season 3 di Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Baca juga : Program 'Ibu Berbagi Bijak', Visa Rangkul 315 Pelaku UMKM di Tasikmalaya  

IMF Season 3 merupakan kompetisi yang bertujuan mencari perempuan dan pasangan pelaku UKM, juga calon entrepreneur, untuk di-coaching secara gratis oleh perusahaan business coaching kelas dunia selama 12 bulan yang jika dinominalkan nilainya lebih dari Rp 1 miliar. Progam ini didukung sejumlah pelaku usaha seperti Cinta Laura Kiehl selaku Founder PT Cinta Paras Semesta, Airyn Tanu dari Passion Jewelry, Jessica Lim dari Whitelab, Jeffry Jouw/Jejouw dari USS Networks, Eunike Selomith dari Dr. Soap, Andy Zain dari Kejora Capital, Coach Ferry Dafira dari GRATYO BusinessVersity, dan juga Bong Chandra dari Trinity Land.

Antusiasme Pendaftar Tinggi

Program IMF yang diluncurkan sejak 2022 ini selalu mendapatkan sambutan hangat dari publik.  Pada IMF 2023 misalnya, tercatat 10.000 lebih bisnis ikut berpartisipasi. Angka itu melebihi target awal, yakni 1.000 bisnis. “Di IMF Season 3 di 2024 ini walaupun dengan target sasaran yang lebih spesifik yaitu womenpreneur dan couplepreneur, antusiasnya juga tinggi. Terlihat dari jumlah pendaftar yang menyentuh angka lebih dari 4.000 pendaftar hanya dalam waktu satu bulan periode pendaftaran, dari target awal yang hanya 1.000 bisnis saja,” imbuh Yohanes.

Ia berharap, para peserta IMF 2024 dapat mengembangkan usaha mereka menjadi bisnis yang untung dan bisa beroperasi secara auto-pilot, tidak mengharuskan owner untuk turun tangan langsung secara terus menerus. “Supaya bisnis bisa memberikan kehidupan yang lebih baik untuk keluarga para pebisnis wanita dan para pasangan pebisnis, dengan memberikan kebebasan finansial dan kebebasan waktu bagi para pebisnis, maka para womanpreneur & couplepreneur ini harus punya ‘4 kaki meja bangun bisnis’ agar profitable dan auto-pilot. Karena financial & time freedom hanya bisa diraih jika bisnis kita bisa repeatable, scalable, dan sustainable,” pungkas Yohanes. (B-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eni Kartinah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat