visitaaponce.com

Dorong Ekosistem Kewirausahaan untuk Bangun Bisnis Berkelanjutan

Dorong Ekosistem Kewirausahaan untuk Bangun Bisnis Berkelanjutan
Ilustrasi UMKM di Sulawesi Selatan(MI/Lina Herlina)

Diplomat Success Challenge (DSC) kembali hadir dengan komitmen yang semakin kuat sebagai ekosistem kewirausahaan di Indonesia. DSC hadir sebagai sistem pendukung bagi entrepreneur dalam membangun bisnis berkelanjutan. Melalui berbagai program inovatif dan kolaboratif, DSC hadir membantu wirausahawan muda menciptakan kesuksesan dan menemukan solusi bisnis berdampak bagi masyarakat Indonesia.

Pada penyelenggaraan tahun ke-15 ini, DSC menyiapkan hibah modal usaha dengan total sebesar Rp2,5 miliar untuk para entrepreneur. Pada musim ini, DSC semakin berfokus pada wirausaha yang peduli terhadap isu-isu lingkungan, sosial, dan tata kelola yang berkelanjutan.

“Prinsip keberlanjutan dalam ESG memperluas makna bahwa kesuksesan bisnis bukan hanya tentang profit, melainkan bagaimana pelaku usaha dapat memberikan kontribusi terhadap masyarakat luas dan juga lingkungan, yang akhirnya dapat meraih kesuksesan bersama,” ujar Ketua Dekom DSC Surjanto Yasaputera melalui keterangan tertulis, Minggu (23/6).

Baca juga : Gerakan Satu Juta Entrepreneur menuju Indonesia Emas 2045

Pada tahun-tahun sebelumnya program DSC telah menghadirkan program kolaboratif yang  melahirkan banyak inovasi, memberikan dampak dan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Pada musim terbaru, DSC terus melakukan penyempurnaan dan peningkatan program dengan memperluas jaringan mitra strategis. DSC akan mengedepankan program activation bersama para komunitas entrepreneur sebagai upaya jangkauan lebih luas. Selain itu, DSC juga berkolaborasi kembali dengan Apindo dalam menyiapkan agenda untuk para entrepreneur Indonesia.

Pada tahun 2024, DSC juga memberikan perhatian terhadap isu ekonomi biru, pemanfaatan sumber daya laut secara berkelanjutan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, peningkatan kesejahteraan dan pelestarian ekosistem laut. Melalui komitmen tersebut, entrepreneur diharapkan mampu memanfaatkan potensi laut secara inklusif sehingga dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Momen awal dibukanya pendaftaran kali ini juga merupakan penegasan DSC sebagai pionir ekosistem kewirausahaan di Indonesia yang tetap konsisten dan persisten menciptakan entrepreneur yang berkarakter.

“Wirausahawan muda sukses harus mempunyai DNA 3P, yaitu Paham, Piawai, dan Persona. Sejak awal program DSC diadakan, ketiga elemen itulah yang menjadi prioritas dalam penilaian peserta,” tutur Helmy Yahya, Dewan Komisioner DSC. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat