visitaaponce.com

Penanaman Mangrove Beri Manfaat Ekologis Sekaligus Ekonomi

Penanaman Mangrove Beri Manfaat Ekologis Sekaligus Ekonomi
Penanaman 1.500 mangrove jenis Rhizopora Mucronata, di Muara Gembong, Bekasi, Jumat (21/6/2023).(Dok Ist)

MANGROVE memiliki peran penting dalam menjaga garis pantai dari erosi, menyediakan habitat bagi berbagai jenis biota laut, dan membantu dalam penyerapan karbon yang berdampak positif pada pengurangan emisi gas rumah kaca.

Selain manfaat ekologis, mangrove juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat. Hasil dari tanaman mangrove dapat diolah menjadi berbagai produk seperti sirup mangrove, dodol mangrove, keripik mangrove, dan bahkan batik mangrove.

"Produk-produk ini tak hanya meningkatkan nilai ekonomi dari ekosistem mangrove, tapi juga membuka peluang usaha dan lapangan kerja baru bagi masyarakat lokal," ujar Ricki, Quality, Safety, Security, Health and Environment (QSSHE) and Manning Manager PT GTS Internasional Tbk.

Baca juga : RUU KSDHAE Perberat Sanksi Bagi Penjahat Lingkungan

Karena itu, untuk memperingati Hari Laut Sedunia, PT GTS Internasional Tbk bersama Komunitas Mangrove Jakarta melaksanakan penanaman 1.500 mangrove jenis Rhizopora Mucronata, di Muara Gembong, Bekasi, Jumat (21/6).

"Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pelestarian lingkungan dan bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan melalui program corporate social responsibility (CSR)."

"Penanaman mangrove ini juga bertujuan mendukung konservasi ekosistem pesisir yang sangat penting bagi keseimbangan alam dan kesejahteraan masyarakat setempat," tutur Ricki.

Baca juga : Warga Pesisir Muara Gembong Tanam 2.500 Mangrove Hadapi Perubahan Iklim dan Abrasi

Ricki melanjutkan pihaknya berkomitmen terus mendukung pelestarian lingkungan melalui berbagai program CSR. "Penanaman mangrove tersebut bukan hanya simbol peringatan Hari Laut Sedunia, tapi juga langkah nyata kami menjaga kelestarian ekosistem pesisir dan memberikan manfaat secara jangka panjang bagi masyarakat sekitar," pungkasnya.

Head of Corporate Secretary PT GTS Internasional Tbk Arya Pradana menambahkan penanaman mangrove ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan untuk mendukung keberlanjutan lingkungan dan masyarakat.

"Kami percaya upaya ini tidak hanya akan memberikan manfaat ekologis, tetapi juga berdampak positif yang signifikan terhadap ekonomi lokal melalui pengembangan produk-produk mangrove."

"Sebagai perusahaan dengan moto Energi untuk Bangsa dari Anak Bangsa, kami berkomitmen memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat dan lingkungan."

Penanaman mangrove ini melibatkan partisipasi aktif karyawan PT GTS Internasional Tbk dan masyarakat setempat. "Dengan semangat gotong royong, diharapkan kegiatan ini bisa berdampak positif berkelanjutan bagi lingkungan dan meningkatkan kesadaran atas pentingnya menjaga ekosistem laut," tutup Arya. (H-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat