visitaaponce.com

Apakah Wajar Kaki si Kecil Berbentuk Huruf O

Apakah Wajar Kaki si Kecil Berbentuk Huruf O?
Ilustrasi kaki anak(medcom.id/unsplash.com)

MASA pertumbuhan dan perkembangan si kecil sangat penting diperhatikan, termasuk kondisi fisik si kecil. Salah satunya terkait dengan bentuk kaki, ada sejumlah anak yang memiliki bentuk O dan X. Lantas apakah kondisi kaki berbentuk huruf O itu wajar?

Dokter spesialis anak dr. Devie Kristiani, Sp.A (K) mengatakan kondisi ini sangat umum dijumpai pada anak yang berusia kurang dari 2 tahun.

"Bayi baru lahir biasanya kakinya memang bengkok karena harus menyesuaikan dengan kondisi sempitnya rahim selama kehamilan," katanya seperti dikutip dari Instagram pribadinya @dr.deviekristiani.

Baca juga : Kewaspadaan Orangtua Kunci Keberhasilan Penanganan DBD pada Anak

"Ketika usianya menginjak 2-3 tahun, tungkai si kecil akan menjadi lurus," lanjutnya.

Devie menambahkan, jika anak usia di bawah 2 tahun berdiri maka wajar jika tungkainya masih kelihatan bengkok.

Tidak normal 

Baca juga : Ini Pentingnya Mengenali Jenis Batuk dan Penanganannya

Meski wajar, Devie tetap memperingatkan bahwa ibu perlu membawa si kecil ke dokter terdekat apabila bengkoknya tidak simetris antara kanan dan kiri.

"Apabila ketika berjalan nampak pincang atau bengkoknya sampai menimbulkan nyeri pada panggul atau tungkainya, patut diwaspadai," ungkapnya.

"Juga apabila setelah usia 2 tahun, tungkai tidak makin lurus tapi makin bengkok, ini adalah suatu hal yang tidak wajar," lanjutnya.

Selain itu, walaupun kondisi ini sangat umum dijumpai, namun ada beberapa penyakit yang lebih serius, misalnya kekurangan vitamin D dan kalsium yang disebut 'Rickets'. Agar tak terus khawatir, orangtua bisa berkonsultasi dengan dokter terkait kondisi kaki si kecil yang berbentuk huruf O.(M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat