visitaaponce.com

Bisnis Hampers Choux Kekinian yang Berawal dari Hobi di Dapur

Bisnis Hampers Choux Kekinian yang Berawal dari Hobi di Dapur
Hampers Lebaran berupa kue sus tematik.(Instagram @thebaker.jkt)

SEPERTI terlihat di medsos, hampers Lebaran tampak semakin beragam. Untuk jenis hampers makanan pun kue-kuenya tidak melulu kue kering melainkan juga beragam cake dan pastry. Desain hiasan yang menarik membuat kue-kue yang sederhana bisa tampil tidak kalah menarik dari hampers-hampers mewah.

 

Salah satunya terlihat dari hampers berupa kue sus (choux) custom yang dikeluarkan oleh The Baker. Terlihat di akun instagram @thebaker.jkt, kue sus mereka memiliki topping fondan berbentuk masjid, ketupat, bulan sabit, dan bunga-bunga yang lucu. Hampers itu pun mendapat banyak likes di akun Instagram berpengikut lebih dari 18ribu itu.

Baca juga : Koleksi Hampers Unik yang Bisa jadi Pilihan Menyambut Lebaran

 

Pemilik The Baker, Ellys menuturkan jika memulai bisnis tiga tahun lalu dari keisengan dan didorong sistuasi pekerjaan yang kurang baik. "Awalnya kami kan punya pekerjaan dan gaji dipotong. Akhirnya kami buka usaha sampingan karena hobi juga. Setelah itu, kita cobain ke teman-teman dan ternyata suka. Akhirnya kita tawarin kalau mau ya beli," kata Ellys sambil tertawa saat dihubungi Media Indonesia, Rabu (3/4).

 

Baca juga : The Grand Mansion Menteng Meriahkan Ramadan dengan Hidangan Khas Timur Tengah

Ellys kemudian menguggah produknya seperti cream puff dan kue bolu di Instagram. Seiring berjalannya waktu, kue bikinannya mulai dikenal dan banyak memesan secara daring. "Sementara online karena masih homemade. Jadi, harus preorder dulu, bisa H-1 tapi tergantung slot," katanya.

 

Ellys mengatakan saat itu para pembeli adalah mereka yang ingin memberikan kado untuk sahabat atau keluarga yang ulang tahun, serta acara perusahaan atau korporasi. "Aku memang pengen produk aku yang tidak memberatkan orang gitu. Misalnya ada teman ulang tahun. Pengen ngasih kue tapi gak menguras kantong. Jadi, aku menyediakan kue hiasan dengan harganya masih terjangkau mulai dari Rp78 ribu," katanya.

Baca juga : Hotel Santika dan Cap Lang Bagikan 10 Ribu Hampers Eksklusif

 

Untuk pemesanan pada Lebaran tahun ini, Ellys mengaku tidak mengalami lonjakan yang signifikan. Ia mengaku produksi the Baker tergantung dari kapasitas agar kualitas tetap terjaga. "Kapasitas juga masih terbatas, masih homemade. Jadi tidak bisa banyak-banyak. Kami ingin menjaga kualitas. Jadi tetap sama saja dari segi permintaan, karena kami tidak bisa mengambil semua," katanya.

 

Baca juga : 9 Ide dan Rekomendasi Hadiah Natal untuk Anak Sekolah Minggu

Ellys menjual cream puff hiasan dengan harga Rp78 ribu dan kue bolu hiasan mulai dari harga Rp165 ribu. Nantinya harga akan disesuaikan berdasarkan hiasan yang diinginkan oleh pembeli. "Boleh request sesuai kemauan masing-masing. Tapi biasanya akan ada diskusi dulu dengan customer dan aku kasih saran. Misalnya customer budgetnya berapa nanti kita kasih mana yang kue dan hiasan yang cocok dan terbaik," tuturnya.

 

Lebih lanjut, Ellys mengaku bersyukur meraih rezeki dengan menjual hampers. Dari yang awalnya hobi justru memberikan tambahan penghasilan bagi dirinya dan keluarganya. "Karena kita masing-masing juga hobi dan fokusnya ada di kerjaan masing-masing. Tapi semuanya tetap terlibat di dapur. bila hobi bisa disalurkan dengan baik, kenapa tidak?” pungkasnya. (M-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bintang Krisanti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat