visitaaponce.com

DPRD Dukung DKI Bangun MRT Fase 3 Meskipun Harus Berhutang

DPRD Dukung DKI Bangun MRT Fase 3 Meskipun Harus Berhutang
Suasana gerbong Moda Raya Terpadu (MRT) yang sepi saat Hari Raya Idul Fitri di Jakarta, Minggu (24/05/2020).(MI/SUSANTO)

KETUA Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail menegaskan tak keberatan jika Jakarta harus berhutang demi bisa membangun transportasi massal yakni MRT Fase 3 koridor Timur-Barat dengan rute Cikarang-Balaraja. Hal itu dikatakannya merespons pertemuan Pemprov DKI dengan Menteri Ekspor Inggris. Diketahui, Inggris telah menyatakan minatnya untuk mendanai proyek MRT di Jakarta. 

Ismail menegaskan hutang memang diperlukan jika untuk membangun infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat. MRT Jakarta Fase 3 yang memiliki jarak tempuh 87 km diperkirakan membutuhkan dana hingga Rp90 triliun dengan tahap awal kebutuhan dananya sebesar Rp19 triliun. 

Baca juga: Bangun JPO Gratis Dekat Skywalk, Hari: November Selesai

"Ya selama loan-nya masih wajar, tidak membebani. Lalu kedua, outcome dibuatnya trase ini sangat signifikan pengaruhnya ya silahkan saja," ujarnya di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (6/2). 

Saat ini rute MRT baru terbangun sepanjang 16 km dari Lebak Bulus-Bundaran HI dengan 13 stasiun. 

MRT Jakarta pun sedang melanjutkan rute tersebut dengan membangun sampai ke Kota yang diperkirakan bakal selesai dan beroperasi pada 2028 mendatang. Dengan selesainya rute ini ditargetkan MRT Jakarta dapat mengangkut hingga 500 ribu penumpang per hari dari saat ini 80 ribu penumpang per hari. 

Dengan banyaknya potensi penumpang yang bisa diangkut, Ismail menegaskan, Jakarta memang masih sangat membutuhkan pengembangan transportasi massal seperti MRT. 

"Ya kita lihat di situ. Karena Jakarta kan sangat butuh transportasi umum," tandasnya. (OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat