visitaaponce.com

REFO Gandeng Pemkot Madiun Dukung Pengembangan Pendidikan

REFO Gandeng Pemkot Madiun Dukung Pengembangan Pendidikan
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2023/2024 di Ngrowo Bening Edupark, Madiun, pada 17 Juli 2023. (Dok. Istimewa)

PT Reformasi Generasi Indonesia (REFO) menggandeng Pemerintah Kota Madiun dalam melaksanakan digitalisasi di lingkungan pendidikan. REFO yang berpredikat sebagai Google for Education Partner di Indonesia adalah mitra yang andal, dan spesialis dalam bidang pendidikan.

Program-program yang diusung adalah pelatihan pemanfaatan Chromebook dan Google Workspace for Education di lingkungan Dinas Pendidikan Madiun. Kemudian pelatihan pemanfaatan Chromebook dan Google Workspace for Education untuk kepala sekolah dan guru seluruh SD dan SMP negeri.

Kegiatan lainnya ialah melakukan pemantauan dan evaluasi praktik baik pemanfaatan Chromebook dan Google Workspace for Education di seluruh SD dan SMP negeri. Selanjutnya adalah pendampingan tiga sekolah untuk menjadi Sekolah Rujukan Google (Google Reference School).

Sekolah Rujukan Google merupakan salah satu indikator smart school, yang sejalan dengan tekad Kota Madiun menjadi smart city. Madiun bertekad menjadi kota pertama dengan sekolah negeri yang menjadi Sekolah Rujukan Google.

Sekolah yang dipersiapkan untuk menjadi Sekolah Rujukan Google adalah SMPN 1, SMPN 3, dan SMPN 13.  Di Indonesia baru terdapat lima sekolah swasta yang sudah menjadi Sekolah Rujukan Google

Ada juga pendampingan program pembuatan bukti karya praktik baik pemanfaatan Chromebook dan Google Workspace for Education. Nantinya Penghargaan Program Pendidikan Madiun Goes Digital menjadi puncak acara pada November 2023 bertepatan dengan Hari Guru Nasional. 

Direktur REFO Pepita Gunawan menyebut kerja sama tersebut akan memberikan banyak manfaat. Dua institusi berkomitmen saling mendukung dalam hal pengembangan pendidikan di Kota Madiun, termasuk peningkatan kecakapan guru dan siswa.

"Bisa dilihat benang merahnya, REFO dan Madiun menitikberatkan kepada manusia. Manusia-manusia yang ingin kita wujudkan adalah yang memiliki keahlian, integritas, dan berwibawa, agar dapat membangun masyarakat yang lebih sejahtera,” ujarnya dalam keterangan, Jumat (21/7/2023).

Ia menambahkan, REFO juga akan mendampingi pemerintah setempat untuk mengaplikasikan ChromeOS Flex ke perangkat-perangkat komputer lama agar dapat kembali lincah. Total perangkat lama yang akan diremajakan menggunakan ChromeOS Flex adalah sejumlah 5.425 unit.

Wali Kota Madiun Maidi mengatakan, informasi dan teknologi merupakan unsur yang tidak dapat ditinggalkan untuk mengakses dunia. Menurut dia, kurikulum dan budaya pendidikan di negara-negara maju dapat dicontoh berkat kerja sama dengan REFO.

"Kerja sama kita dengan REFO, sebagai Google for Education Partner, ini terkait dengan pelatihan-pelatihan dan pendampingan-pendampingan, yang akan sangat membantu Kota Madiun mempercepat transformasi digital pendidikan," tegasnya.

Kerja sama dengan REFO dalam  Program Pendidikan Madiun Goes Digital di Kota Madiun disahkan bersamaan dengan acara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2023/2024 di Ngrowo Bening Edupark, Madiun, pada 17 Juli 2023. 

“Kota Madiun sudah siap. Semua fasilitas sudah terpenuhi. Kita tidak lagi menuju Generasi Emas, tetapi kita merebut Generasi Emas. Dengan pendampingan dari REFO, kita bisa mengetahui pembelajaran di negara-negara maju lainnya,” pungkas Maidi. (RO/A-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irvan Sihombing

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat