visitaaponce.com

Wabup Ciamis Berharap Program TMMD Percepat Pembangunan Desa

Wabup Ciamis Berharap Program TMMD Percepat Pembangunan Desa
Wakil Bupati Ciamis, Yana Diana Putra didampingi Korem 062Tarumanagara Kolonel Inf Asep Sukarna dan Dandim 0613 Ciamis, membuka TMMD.(Dok.Diskominfo Ciamis)

GUNA mempercepat pembangunan pedesaan, TNI manunggal membangun desa (TMMD) ke 118 2023 secara resmi dilaksanakan di Desa Kadupandak, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kegiatan tersebut, dilakukan sebagai wujud nyata sinergi dan kolaborasi lintas sektoral antara TNI bersama Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Wakil Bupati Ciamis, Yana Diana Putra mengatakan, dalam kegiatan program TNI manunggal membangun desa (TMMD) ke 118 yang dilakukannya sebagai kolaboratif dan sinergis antara pemerintah daerah dengan TNI dan juga unsur lainnya yang bertujuan untuk membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan desa.
 
"Kita ketahui bersama kegiatan yang dilakukan sebagai bentuk kolaboratif dan sinergis lintas sektoral dalam mempercepat pembangunan desa guna meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat termasuknya untuk memantapkan kemanunggalan antara TNI bersama rakyat," katanya, Rabu (20/9).

Baca juga: TMMD Sengkuyung III/Klaten Dilaksanakan di Desa Gunung Gajah

Ia mengatakan, kegiatan TMMD merupakan upaya untuk memberikan motivasi  sekaligus stimulan kepada masyarakat yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran terutamanya bagi seluruh warga dalam mempertahankan semangat kebersamaan dan gotong royong. Namun, dalam program yang dilakukan TNI untuk mempercepat pembangunan di pedesaan.

"Program yang dilakukannya sebagai upaya untuk menumbuhkan kesadaran bagi  warga supaya tetap mempertahankan dan meningkatkan semangat gotong-royong serta mampu memanfaatkan berbagai potensi dan sumber daya lokal yang ada. Karena, bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat sebagai salah satu wujud karya nyata guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0613 Ciamis, Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi mengatakan, kegiatan TMMD ke 118 terdapat dua sasaran utama yaitu sasaran fisik dan sasaran non fisik. Namun, sasaran fisik yang dilakukannya pembangunan rabat beton, sumur bor, saluran irigasi, MCK umum dan pengaspalan jalan tersebar di beberapa dusun berada di Desa Kadupandak.

"Untuk sasaran nonfisik berupa penyuluhan seperti bela negara, wawasan kebangsaan, anti radikalisme, anti narkoba, keagamaan, pertanian, posyandu dan berbagai penyuluhan lainnya bagi masyarakat. Kegiatan TMMD ini rencananya akan dilaksanakan mulai  20 September sampai dengan 19 Oktober," paparnya. (AD/N-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Maulana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat