visitaaponce.com

Grup MIND ID Gelar Kegiatan Sosial untuk Berantas Stunting di Berbagai Daerah

Grup MIND ID Gelar Kegiatan Sosial untuk Berantas Stunting di Berbagai Daerah
Salah satu aksi sosial dalam pemerantasan stunting yang dilakukan Grup MIND ID(Dok MINd ID)

Dalam rangka momentun peringatan Hari Kesehatan Nasional 2023, BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID berkomitmen terus berkontribusi secara langsung untuk kesehatan masyarakat.

Komitmen tersebut diwujudkan dengan berbagai program kesehatan yang dilakukan Grup MIND ID, salah satunya mengatasi masalah stunting. Stunting menjadi salah satu fokus utama Grup MIND ID dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, prevalensi stunting di Indonesia pada 2022 masih sebesar 24,4%. Angka tersebut masih jauh dari target pemerintah yang sebesar 14% pada 2024, sehingga Grup MIND ID menggencarkan aksi pencegahan stunting di berbagai wilayah Indonesia

Menurut Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf, strategi Grup MIND ID memelihara kesehatan masyarakat, terutama di sekitar tambang merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) perusahaan.

"Salah satu fokus utama Grup MIND ID dalam bidang kesehatan adalah meninkatkan kualitas kesehatan masyarakat sekitar tambang," kata Heri dalam keterangan resminya.

PT Aneka Tambang Tbk (Antam), salah satu Grup dari MIND ID, misalnya, berkomitmen untuk mendukung percepatan penurunan stunting di area pertambangan UBP Bauksit, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Prevalensi stunting di Kabupaten Sanggau mencapai 32,5% pada 2022, sehingga masalah stunting menjadi salah satu fokus program TJSL PT Antam.

Berdasarkan social mapping yang dilakukan PT Antam UBP Bauksit Kalimantan Barat, ada beberapa faktor yang menyebabkan tingginya stunting di wilayah ini. Di antaranya kurangnya gizi untuk ibu hamil dan anak baru lahir, pola asuh terkait gizi yang buruk, serta standar pelayanan kesehatan yang kurang memadai..

Oleh karena itu, PT Antam tergerak mengagas Program Generasi Sehat Bebas Stunting (GEN SEHAT). Program ini pertujuan untuk melakukan perbaikan kualitas gizi masyarakat dan pencegahan stunting, khususnya,  di Kabupaten Kabupaten Sanggau.

PT Antam melakukan rangkaian aksi nyata bersama berbagai pihak untuk menyelesaikan masalah stunting. Beberapa aksi yang dilakukan PT Antam untuk mencegah stunting antara lain membentuk Rumah Peduli Remaja Putri (RUPE-RUPE).

Selain Antam, anggota Grup MIND ID lainnya, PT Freeport Indonesia (PTFI) juga berkomitmen mendukung pemerintah dalam mengatasi masalah stunting. Salah satu kegiatan yang dilakukan PTFI yakni menggandeng Komunitas Instro Karyawan Freeport menggelar kegiatan edukasi masyarakat bertajuk Peduli Stunting melalui Edukasi Pengolahan MPASI dengan Bahan Pangan Lokal di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah pada Oktober 2023 lalu.

Dalam kegiatan tersebut, PTFI memberikan edukasi terkait pentingnya makanan pendamping air susu ibu (MPASI) untuk mencegah stunting pada balita. Pembuatan MPASI tidaklah sulit dan bisa memanfaatkan pangan lokal yang banyak ditemui di wilayah Papua, seperti umbi-umbian, aneka ikan, hingga sayur-sayuran. (M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat