visitaaponce.com

Generasi Muda Sukabumi Bentuk Geopark Youth Forum CPUGGp

Generasi Muda Sukabumi Bentuk Geopark Youth Forum CPUGGp
Sejumlah pengunjung bermain di kawasan pantai Citepus, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (24/12/2023)(Antara)

KALANGAN generasi muda di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, didorong ikut berkontribusi mengelola kawasan Ciletuh Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp). Para generasi muda ini pun membentuk Geopark Youth Forum Ciletuh Palabuhanratu Global Geopark.

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengapresiasi hadirnya Geopark Youth Forum Ciletuh Palabuhanratu Global Geopark. Kehadiran kalangan generasi muda itu tentu menjadi momentum munculnya berbagai gagasan baru.

"Dengan adanya Geopark Youth Forum CPUGGp tentu bisa memicu berbagai inspirasi, kreasi, dan inovasi bagi pengembangan pengelolaan geopark di Kabupaten Sukabumi," kata Iyos yang juga Ketua Badan Pengelola CPUGGp, Jumat (26/1).

Keterlibatan para pemuda pada pengelolaan dan pengembangan geopark, lanjut Iyos, bisa menjadi bagian dari kerangka strategis perlindungan warisan budaya, mitigasi bencana alam, perubahan iklim, serta pembangunan berkelanjutan. Kehadiran generasi muda ini juga bisa memacu semangat. "Terutama menebar kebaikan melalui penyerapan tenaga kerja," ungkap dia.

Geopark Youth Forum CPUGGp akan didorong ikut mengelola kawasan geopark yang inklusif dan berkelanjutan. Mereka bisa menjadi percontohan nyata terbangunnya sinergitas pembangunan ekonomi dan pelestarian lingkungan serta budaya.

"Kami menyakini, para generasi muda ini akan memberikan berbagai saran dan masukan agar ke depan Badan Pengelola CPUGGp bisa berperan lebih baik dan berhasil lebih optimal," terangnya.

Sehingga, target menjadikan kawasan CPUGGp sebagai destinasi wisata andalan Kabupaten Sukabumi bukan hanya wacana. Ke depan, CPUGGp tak hanya dikenal di kalangan wisatawan lokal maupun nasional.

"Lebih dari itu, kawasan CPUGGp harus dikenal sebagai destinasi wisata internasional," pungkasnya. (N-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Heryadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat