visitaaponce.com

Bank Indonesia Dorong UMKM Naik Kelas pada Sulteng Expo 2024

Bank Indonesia Dorong UMKM Naik Kelas pada Sulteng Expo 2024
Konferensi pers Karya Kreatif Sulawesi Tengah pada Sulawesi Tengah Expo 2024.(MI/M TAUFAN SP BUSTAN)

KANTOR Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tengah mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bisa naik kelas melalui Karya Kreatif Sulawesi Tengah (KKST) yang dipadukan dalam Sulawesi Tengah Expo dalam rangka HUT ke-60 provinsi itu.

Kepala Perwakilan BI Sulteng Rony Hartawan mengatakan selain mendorong UMKM Sulteng berkembang, melalui KKST, BI juga ikut mengampanyekan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) 2024.

“GBBI dan BBWI 2024 adalah kerja sama BI, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulteng, dan pemerintah Sulteng,” terangnya kepada Media Indonesia di Palu, Selasa (23/4).

Baca juga : Kredit UMKM Tumbuh Signifikan

Menurut Rony, KKST akan dilaksanakan pada 25 April hingga 28 April 2024 di Sirkuit Panggona, Palu.

Pada KKST itu, BI menargetkan 150 stand UMKM dengan 20 ribu pengunjung dengan bayangan traksaksi cash dan tunai on the spot mencapai ratusan juta rupiah.

“Ini merupakan kegiatan tahun ketiga Strategic Flagship Event BI Sulteng dalam perannya memajukan sektor UMKM agar bisa naik kelas,” tegasnya.

Baca juga : Harga Beras Turun, Warga Palu Gembira

Rony menjelaskan, pelbagai program untuk pengembangan UMKM di Sulteng sudah dilakukan, sehingga UMKM diharapkan bisa berkembang dari segala sisi. Baik dari sisi kapasitas, korporasi, hingga pengaturan keuangan.

“Dan bagaimana produk UMKM kita bisa ekspor. Oleh karena itu hilirisasi produk unggulan UMKM harus didukung sehingga mereka bisa menembus pasar e-commerce yang lebih luas,” ungkapnya.

Selain mengembangkan UMKM, melalui KKST di Sulteng Expo 2024, Rony berharap, wisatawan dalam dan luar negeri bisa meningkat berkunjung ke Sulteng.

Baca juga : DBD di Palu Sulteng Meningkat, 2 Pasien Meninggal Dunia

“Sulteng memiliki pelbagai tempat wisata. Salah satunya wisata Seribu Megalit di Poso. Dengan potensi yang ada kita berharap itu bisa menjadi magnet agar banyak orang mau datang,” paparnya.

Pada KKST yang dibalut dalam Sulteng Expo kali ini, Rony mengimbau masyarakat bisa mendukung UMKM dan pariwisata lokal.

Pasalnya, UMKM dan pariwisata memiliki satu kesatuan dalam pengembangan ekonomi di daerah.

Baca juga : BI Sulteng Luncurkan Program Ikhtiar untuk Salurkan Ziswaf di Bulan Ramadan

“Oleh karena itu wajib kita sebagai warga Sulteng mendukung pengembangan UMKM dan pariwisata untuk kemandirian ekonomi kedepan,” pungkasnya.

Dalam KKST yang dipadukan pada Sulteng Expo tahun ini pelbagai kegiatan digelar. Di antaranya, tarian kolosal di awal pembukaan, fashion show, pameran UMKM dan pariwisata competition, hiburan, dan pelbagai kegiatan lainnya.

Tidak kalah menarik, akan digelar pula pencatatan rekor MURI dalam kegiatan urun dana pengembangan destinasi wisata Sulteng melalui QRIS.

Selain itu, ikut pula digelar pelbagai perlombaan dengan hadiah yang menarik. Dan kegiatan ini ditutup dengan penampilan beberapa artis ibu kota. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat