visitaaponce.com

Tips diving dan snorkeling

Tips diving dan snorkeling
(MI/ROMMY PUJIANTO)
OLAHRAGA diving dan snorkeling merupakan olahraga yang pas untuk merasakan dan menikmati indahnya alam bawah laut Indonesia. Namun, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum Anda menikmati indahnya laut Indonesia dengan dua jenis olahraga air tersebut:

1 Sehat Jasmani Pastikan Anda bisa berenang, sehat, dan tidak memiliki gangguan pernapasan saat melakukan diving. Pasalnya, Anda secara mental harus bisa mengatasi kepanikan saat menyelam di lautan yang dalam.

2 Alat Pelindung Gunakan masker dan sepatu katak (fin) yang pas. Masker adalah pelindung mata yang wajib digunakan ketika snorkeling dan diving.

3 Pilih masker yang pas dan tidak bocor. Untuk mengetahui bocor atau tidak, Anda bisa menempelkan masker ke wajah tanpa mengikat talinya ke kepala dan tahan napas. Bila masker tidak copot, dapat dipastikan masker tidak bocor saat dipakai menyelam.

4 Pelampung Bagi Anda yang tidak bisa berenang dan tidak ingin melewatkan indahnya pesona laut Indonesia, maka snorkeling bisa menjadi pilihan. Anda akan diberikan pelampung agar tidak tenggelam, masker selam, dan snorkel penyelam.

5 Cegah Fogging Cegah masker dari embun. Fogging atau pengembunan pada masker pelindung mata bisa saja terjadi dan akan mengganggu Anda. Untuk menghindarinya, Anda bisa mengoleskan pasta gigi atau sampo bayi ke kaca bagian dalam masker. Biarkan pasta gigi atau sampo bayi menempel dan bilas dengan air laut sesaat sebelum digunakan untuk menyelam.

6 Tidak Sendirian Jangan pernah menyelam seorang diri. Ajak teman untuk menyelam bersama atau pemandu yang ahli dalam penyelaman.

7 Lihat Cuaca Pastikan cuaca dalam kondisi baik dan cerah saat Anda melakukan kedua olahraga air itu. Pastikan pula suhu air cukup aman untuk penyelaman. Bergegaslah ke tepi bila mendengar atau melihat badai mendekat.

(Berbagai sumber/*/S-5)


Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Admin

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat