visitaaponce.com

Survei Ahok dan Anies Posisi Teratas Calon Gubernur Jakarta

Survei: Ahok dan Anies Posisi Teratas Calon Gubernur Jakarta
Temuan survei persepsi publik terhadap Pilkada di 8 provinsi oleh KIC.(MEDCOM/FACHRI AUDHIA HAFIEZ)

KATADATA Insight Center (KIC) merilis hasil survei terkait figur yang dipilih publik di Pilkada Jakarta 2024. Hasilnya, tingkat keterpilihan dua mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Anies Baswedan berada di posisi teratas.

"Basuki Tjahaja Purnama mendapat 33,2 persen dan Anies Rasyid Baswedan 25,4 persen," kata Survei Manager KIC Satria Triputra dalam Temuan Survei Persepsi Publik Terhadap Pilkada di 8 Provinsi di Plaza Indonesia, Jakarta, Kamis, 6 Juni 2024.

Pada posisi berikutnya yakni Ridwan Kamil dengan perolehan 20 persen dan Ahmad Sahroni 5,3 persen. Lalu, Sandiaga Salahuddin Uno 4,6 persen, Tri Rismaharini 3 persen, dan Kaesang Pangarep 2,2 persen.

Baca juga : NasDem akan Usung Sosok yang Berpengalaman untuk Maju di Pilkada Jakarta

Sementara, beberapa nama lainnya di bawah 2 persen. Yakni, Rano Karno, Heru Budi Hartono, Dharma Pongrekun, Ahmad Riza Patria, Ahmed Zaki Iskandar, dan Wibi Andrino.

Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraeni menilai Ahok berada di posisi teratas karena jejak rekamnya. Ahok juga masih aktif di perpolitikan nasional.

"Jakarta pertimbangan kinerja, yang bersangkutan (Ahok) masih memberi warna pada panggung politik kita," ujar Titi.

Baca juga : Puan Ungkap Ketertarikan Usung Anies di Pilkada Jakarta

Survei KIC dilaksanakan pada 3-9 Mei 2024 dengan melibatkan 7.864 responden di delapan provinsi. Yakni, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sumatra Barat, dan Sumatra Utara.

Populasi survei adalah penduduk di delapan provinsi berusia lebih dari 17 tahun yang memiliki nomor handphone. Margin of error lebih kurang 1,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei online persepsi publik terhadap pilkada di delapan provinsi dilakukan dengan menggunakan platform data collection tSurvey. Metode ini diklaim mampu menjangkau responden secara akurat dengan memanfaatkan kapabilitas telco data insight Telkomsel. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat