visitaaponce.com

Cara Merawat Mobil dalam Cuaca yang Tidak Menentu

Cara Merawat Mobil dalam Cuaca yang Tidak Menentu
.(Auto2000)

MENANGGAPI kondisi cuaca yang tidak menentu, diler Toyota terbesar Auto2000 membagi tips merawat mobil di tengah kondisi cuaca seperti saat ini.

Jangan Tunda Cuci Mobil

Segera bersihkan mobil setibanya di rumah jika di jalan terkena hujan untuk mencegah timbul water spot atau jamur bodi dan kaca mobil. Pasalnya, mobil yang dibiarkan kotor terlalu lama akan menyulitkan ketika akan dibersihkan di kemudian hari. Air hujan bersifat asam sehingga memiliki potensi merusak bodi mobil bahkan memicu timbulnya karat.

Pastikan Wiper Sehat

Wiper mempunyai peran sangat penting ketika hujan. Oleh sebab itu, pastikan komponen ini dalam kondisi prima tanpa kendala, termasuk wiper belakang untuk mobil jenis hatchback, SUV, dan MPV. Periksa air pembersih kaca dan segera isi supaya tidak sampai kosong ketika dibutuhkan.

Periksa Kondisi Mesin

Mobil mogok saat hujan deras tentu akan sangat merepotkan. Oleh karena itu pastikan mesin mobil dalam kondisi prima. Periksa kekencangan kabel busi dan kabel aki untuk memastikannya tidak bermasalah. Periksa pula rumah saringan udara dari risiko bocor untuk menutup celah air masuk. Cek pula ketinggian oli mesin dan segera tambah bila kurang. Sekaligus, periksa cairan lain di dalam ruang mesin seperti air radiator dan minyak rem.

Waspada Kondisi Ban

Pastikan telapak ban dalam keadaan baik agar dapat melewati genangan air dengan mudah dan aman. Cek juga tekanan angin ban supaya dapat bekerja optimal, termasuk ban cadangan. AutoFamily dapat melakukan spooring, balancing, dan rotasi ban di bengkel Auto2000 waktu servis berkala untuk membuat ban tetap dalam kondisi prima.

Jaga Kinerja Perangkat Rem dan AC

Performa rem mobil akan menurun ketika mobil melewati jalan basah. Oleh karena itu urangi kecepatan mobil saat melewati jalan basah. Pastikan rem tidak bermasalah saat akan pergi, minimal dengan memastikan takaran minyak rem di dalam tabungnya tidak berkurang. Pastikan pula AC mobil dalam kondisi baik untuk mencegah kaca mobil berkabut yang akan mengganggu visibilitas ketika hujan.

Uji Emisi Kendaraan

Khusus untuk warga DKI Jakarta, jangan lupa untuk melaksanakan uji emisi gas buang mobilnya di bengkel Auto2000 karena sejak 24 januari 2021 berlaku aturan sesuai Pergub Nomor 66 Tahun 2020 bahwa semua kendaraan yang berusia minimal 3 tahun harus lulus uji emisi gas buang 1x pertahun.

Uji emisi secara gratis di bengkel Auto2000 dapat dimanfaatkan jika dilakukan bersamaan servis berkala dengan melakukan booking di Auto2000 Digiroom. 

Untuk informasi lebih jelas, termasuk lokasi bengkel Auto2000 yang diakui sebagai lokasi uji emisi oleh Pemprov DKI Jakarta, dapat melihat PROMO Cek Uji Emisi Gratis.

Hasil uji emisi akan didaftarkan ke sistem/websitejiemisi.jakarta.go.id dan disematkan barcode atau Nomor Hasil Uji Emisi yang dapat dicek di aplikasi E-Uji Emisi. (S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Suplemen

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat