visitaaponce.com

Presiden Pembebasan Lahan Selesai, Sodetan Ciliwung Rampung April

Presiden: Pembebasan Lahan Selesai, Sodetan Ciliwung Rampung April
Ilustrasi: Ciliwung(Antara)

Presiden Joko Widodo mengungkapkan proses pembebasan lahan untuk proyek Sodetan Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur sudah diselesaikan.

Dengan demikian, pembangunan infrastruktur pengurang banjir itu bisa kembali dilanjutkan setelah mandek selama enam tahun.

"Kemarin satu setengah bulan dibebaskan lahan di sini sehingga bisa dimulai lagi pengeborannya. Kita harapkan nanti di April insya Allah sudah selesai setelah berhenti enam tahun," ujar Jokowi di Sodetan Ciliwung, Jakarta, Selasa (24/1).

Kepala Negara menyebut penyebab utama dari mandeknya pengerjaan Sodetan Ciliwung adalah pembebasan lahan yang tidak kunjung beres.

"Masalahnya pembebasan (lahan). Ketika dikerjakan Pak Gubernur (DKI Jakarta) Heru (Budi Hartono), saya tidak tahu pendekatannya apa, tapi selesai," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan pembebasan lahan menjadi kunci dari pembangunam Sodetan Ciliwung. Pasalnya, daerah-daerah yang dibebaskan itu akan menjadi lokasi inlet dan outlet atau tempat masuk dan keluarnya air dari sodetan.

"Ini difungsikan sebagai inlet sampai dengan outlet. Airnya cukup deras dan besar sehingga kalau tidak dilebarkan di sini ya tentunya menghambat," jelas Heru. (OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat