visitaaponce.com

Timnas Amin Ingatkan Jokowi Sumpahnya Menjadi Presiden untuk Adil

Timnas Amin Ingatkan Jokowi Sumpahnya Menjadi Presiden untuk Adil
Jubir Tim Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) Mustofa Nahrawardaya (kiri) dalam diskusi publik, Jakarta.(Medcom/Kautsar Widya Prabowo.)

JOKO Widodo (Jokowi) diingatkan sumpahnya ketika dilantik sebagai Presiden. Salah satu sumpah yang ia ucapkan ialah berjanji untuk adil. 

"Bunyi sumpahnya di antaranya begini, saya melaksanakan tugas dan kewajiban saya sebagai presiden dengan sebaik-baiknya, dengan seadil-adilnya, dengan selurus-lurusnya, ingat tiga kata ini," ujar juru bicara (jubir) Tim Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) Mustofa Nahrawardaya dalam diskusi publik, di Jalan Bangka, Jakarta Selatan, Sabtu, 27 Januari 2024. 

Mustofa menyoroti pernyataan Jokowi baru-baru ini yang menyebut presiden boleh berkampanye. Ia menganggap Jokowi tak menjalankan sumpahnya. 

"Kalau dia ikut kampanye, ikut memihak, berarti enggak adil," jelasnya.

Baca juga: Muhammadiyah Desak Presiden Jokowi Cabut Pernyataannya

Ia menekankan adil berarti mampu menempatkan sikap sesuai dengan proporsinya. Ini terutama tidak menguntungkan salah satu pasangan calon (paslon) capres dan cawapres.

"Persoalannya adalah karena anak presiden jadi cawapres, presiden akan mati-matian anaknya jadi wapres," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi membuat video klarifikasi mengenai pernyataannya yang menyebut presiden boleh berkampanye di pemilu. Jokowi menjelaskan pernyataan itu disampaikan ketika ada wartawan yang bertanya mengenai menteri boleh berkampanye atau tidak.

Baca juga: Permintaan Maaf Imajiner Jokowi

Dalam videonya, Jokowi menunjukkan dua lembar kertas putih yang menjelaskan Pasal 299 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Regulasi itu menjelaskan aturan presiden dan wakil presiden boleh berkampanye.

"Presiden dan wakil presiden punya hak melaksanakan kampanye, jelas," ujar Presiden dalam keterangan persnya secara virtual. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat