visitaaponce.com

KPU CalegDPR Terpilih yang Maju Pilkada Harus Mundur

KPU: Caleg DPR Terpilih yang Maju Pilkada Harus Mundur
Ketua KPU Hasyim Asy'ari (kanan) didampingi anggota KPU Idham Holik di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (15/5).( MI/Susanto)

KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari mengatakan calon anggota legislatif (caleg) Pemilu 2024 yang ditetapkan sebagai pasangan calon kepala daerah wajib mengajukan surat bersedia mundur sebagai caleg terpilih.

Hal itu disampaikan dalam rapat kerja (raker) bersama Komisi II DPR RI, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (15/5).

Hasyim membeberkan hal itu dalam konteks jika calon anggota DPR tersebut dilantik pada 1 Oktober mendatang. Sebagai informasi, pendaftaran pasangan calon kepala daerah dibuka pada 27-29 Agustus 2024. Kemudian, KPU akan melakukan penelitian dan verifikasi dokumen.

Baca juga : DPR Dibuat Bingung dengan Jadwal Pilkada

Lalu, KPU akan menetapkan pasangan calon kepala daerah pada 22 September 2024. Sedangkan, pelantikan anggota DPR, DPD akan digelar pada 1 Oktober 2024.

“Bagi calon terpilih yang belum dilantik, yang bersangkutan harus bersedia mengundurkan diri sebagai calon terpilih anggota DPRD, DPR, dan DPD,” ungkap Hasyim.

Namun, untuk anggota DPR, DPD, atau DPRD provinsi, kabupaten/kota yang didaftarkan sebagai calon, Hasyim mengatakan yang bersangkutan harus mengundurkan diri dari jabatannya.

“Yang berstatus sebagai calon terpilih anggota DPR, DPRD, DPD tetapi belum dilantik, apabila yang bersangkutan didaftarkan sebagai calon oleh parpol, maka yang bersangkutan harus bersedia mengundurkan diri,” tegasnya.

“Syarat yang diperlukan 5 hari sejak penetapan paslon, berupa surat pengunduran diri sebagai DPR terpilih, tanda terima dari pejabat berwenang atas surat pengajuan mengundurkan diri, dan surat tengah dalam proses mengundurkan diri,” tandas Hasyim. (Ykb/P-5)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat