visitaaponce.com

FAPSI Gelar Piala Menpora Tingkat Mahasiswa U-23 2023

FAPSI Gelar Piala Menpora Tingkat Mahasiswa U-23 2023
Pembukaan Piala Menpora(MI/HO)

PENGURUS Besar Forum Akademisi Penggemar Sepak Bola Indonesia (FAPSI) menggelar Kick Off Piala Menpora Tingkat Mahasiswa U-23 2023, yang dilaksanakan di Stadion Sepak Bola UMJ, Minggu (8/10).

Piala Menpora Mahasiswa U-23, rencananya, akan berlangsung mulai 8 Oktober hingga 28 Oktober di dua tempat berbeda, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dan Universitas Indonesia (UI). UMJ akan menjadi tuan rumah hingga babak perempat final.

Kegiatan yang diikuti 32 tim dari Perguruan Tinggi se-Jabodetabek hingga Jawa Barat itu merupakan kerja sama antara FAPSI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI).

Piala Menpora Mahasiswa U-23 resmi dibuka secara simbolis dengan tendangan pertama dilakukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, yang didampingi Rektor UMJ Prof Ma’mun Murod, sebagai pertanda komeptisi dimulai.

Menpora Dito mengungkapkan rasa senangnya melihat pembukaan Piala Menpora dilaksanakan di UMJ. 

“Kita setuju bahwa pembukaan harus dimulai dari UMJ, karena saya sangat mengetahui bagaimana Muhammadiyah berkomitmen dalam olahraga. Kita ambil simbol untuk Piala Menpora Mahasiswa U-23 dimulai dari UMJ,” ungkap Dito dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Dito menyatakan ia sangat berkomitmen mendukung Muhammadiyah dalam pengembangan olahraga. Melalui gelaran Piala Menpora Mahasiswa U-23, ia mengajak masyarakat untuk memberikan dorongan dan dukungan bagi atlet-atlet muda Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Pembina FAPSI sekaligus Rektor UMJ Prof Ma’mun Murod juga menyambut gembira pelaksanaan gelaran Piala Menpora Mahasiswa U-23. 

Menurut Ma’mun, ditunjuknya UMJ menjadi tuan rumah pembukaan Piala Menpora adalah pilihan yang tepat. Ma’mun juga menjelaskan sejarah Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), yang sangat berkaitan erat dengan Muhammadiyah.

“Dukungan Pak Menpora, yang langsung menunjuk UMJ sebagai tuan rumah, tentu tidak salah. Jika berbicara mengenai sejarah PSSI itu juga sejarah Muhammadiyah,” ungkap Ma’mun.

Hal senada juga disampaikan Ketua umum FAPSI Amsori Baharuddin Syah. Menurutnya, sejarah sepak bola sangat lekat dengan Muhammadiyah. Ia juga berharap, dengan dipilihnya UMJ sebagai tuan rumah pembukaan piala menpora mahasiswa U-23 bisa menularkan semangat kebangkitan mahasiwa dalam sepak bola.

Tidak hanya itu, Amsori menjelaskan dibuatnya kegiatan ini merupakan hasil riset yang telah dilakukan, yakni masa keemasan atlet sepak bola berkisar di umur 18 sampai 23. Hal itu menjadi dorongan dilaksanakannya Piala Menpora Mahasiswa. Amsori juga mencotohkan bagaimana Jepang banyak memiliki pemain berkualitas berasal dari mahasiswa.

“Tentu harapan saya ke depan ada formulasi khusus bantuan dan dukungan untuk mahasiswa dalam pengembangan olahraga,” pungkas Amsori.

Pertandingan pertama Piala Menpora Mahasiswa U-23 mempertemukan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melawan Universitas Nasional (UNAS) yang dimenangkan oleh UMJ dengan skor agrerat 12-0. (RO/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat