visitaaponce.com

Gerhana Bulan Total Akan Berlangsung Pertengahan Mei

Gerhana Bulan Total Akan Berlangsung Pertengahan Mei
Foto kombinasi fase gerhana bulan total terlihat di kawasan pesisir pantai utara Indramayu, Jawa Barat, Rabu (27/5/2021).(Antara Foto/ Dedhez Anggara/ rwa.)

GERHANA bulan total akan berlangsung pada 15-16 Mei 2022. Fenomena ini dapat disaksikan secara langsung tergantung pada zona waktu dan lokasi Anda. Namun, gerhana matahari total juga dapat disaksikan secara daring lewat layanan penyiaran astronomi.

 

Gerhana bulan total yang terjadi saat bulan purnama bergerak ke dalam bayangan umbral Bumi, akan terlihat dengan jelas dari wilayah Amerika Utara, Antartika, Eropa, Afrika, dan Pasifik timur. Sementara itu, gerhana penumbra, yakni peristiwa yang muncul saat bulan berada dalam bayangan penumbra yang lebih terang dari planet kita, akan terlihat di wilayah Selandia Baru, Eropa Timur, dan Timur Tengah.

 

Dilansir dari Live Science, Senin (9/5) fenomena ini akan menjadi gerhana bulan total pertama di tahun 2022 dari dua gerhana bulan yang diprediksi terjadi di tahun ini. Gerhana bulan total sangat aman untuk disaksikan dengan mata telanjang atau dengan alat bantu seperti teropong dan teleskop. Tak seperti gerhana matahari yang berlangsung singkat, proses gerhana bulan cenderung lebih lama yang berlangsung hingga beberapa jam.

 

Sementara untuk waktunya, gerhana sebagian dimulai 15 Mei pukul 22:28 EDT (02.28 GMT pada 16 Mei). Bulan Darah akan mencapai puncaknya 16 Mei pukul 12:11 EDT (04.11 GMT). Fenomena ini akan berakhir pada 01:55 EDT (05.55 GMT). Perhatikan fase bulan penumbra gerhana akan dimulai sekitar satu jam lebih awal dan berakhir sekitar satu jam setelah gerhana sebagian.

 

NASA Science Live juga merencanakan acara siaran langsung lewat saluran YouTube yang dimulai pukul 21:32 pada 15 Mei (01.32 GMT 16 Mei.) Siaran ini akan mencakup acara diskusi tentang gerhana, ilmu bulan, dan program Artemis para astronot yang mendarat di bulan.

 

Siaran YouTube lainnya yang tersedia dengan webcaster astronomi Slooh, dimulai pada 15 Mei pukul 21:30 EDT (16 Mei 01.30 GMT). Anda harus mendengar dari penggemar astronomi tentang gerhana dan signifikansi budayanya. Slooh hanya berencana untuk menampilkan fase total secara publik, dengan gerhana sebagian tercakup dalam saluran Discord khusus anggota.

 

Diprediksi, gerhana bulan terakhir di tahan 2022 akan terjadi pada 8 November 2022, hal itu bisa disaksikan setidaknya dari sebagian wilayah Asia, Australia, Amerika Utara, sebagian Eropa utara dan timur, Kutub Utara dan sebagian besar Amerika Selatan. (M-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bintang Krisanti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat