visitaaponce.com

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang Seru

Pengantar: Pada 24 – 27 Juli 2023, Media Indonesia bekerja sama dengan Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Nonformal (Dikdasmen PNF) PP Muhammadiyah menggelar pelatihan Reporter Cilik (Repcil). Sebanyak 26 siswa tingkat SD dan 37 siswa tingkat SMP mengikuti program ini. Setelah pelatihan, para siswa membuat berita hasil liputan masing-masing. Berikut karya tulis yang terpilih sebagai peringkat 10 besar tingkat SD:

 

SENIN, 17 Juli lalu, halaman SD SD Muhammadiyah 4 (Mudipat) Surabaya ramai dengan siswa-siswa baru. Hari itu dimulai Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan berlangsung selama dua hari.

Mobil dan motor para pengantar berlalu-lalang di jalan sekitar sekolah, Jalan Pucang Anom. Di gerbang sekolah ku itu siswa-siswa disambut ustaz dan ustazah, kemudian di antara oleh para orangtua mereka ke kelas masing-masing. Setelah itu para orangtua menuju Aula Din Syamsuddin untuk mengikuti pengarahan dari Kepala Sekolah. 

Di aula itu juga para siswa lama menampilkan kegiatan ekstrakurikuler, di antaranya ada robotika, dokter kecil, paduan suara, Tapak Suci, dan lainnya. Para siswa lama juga yang ada bertugas menjadi kakak angkat untuk mendampingi para siswa baru agar bisa mengikuti MPLS dengan senang dan semangat. Kegiatan MPLS semakin seru karena siswa siswi juga dikenalkan permainan tradisional yaitu congklak dan ular tangga. 

Ada 236 siswa baru yang mengikuti MPLS dan mereka dibagi dalam sembilan kelompok dengan menggunakan nama-nama kota di dunia seperti Beijing, Istanbul, Malacca, Seoul, Sidney, Abu Dhabi, Mecca, Tokyo, dan New Delhi. Selain diajari lagu Mars Mudipat, Janji Pelajar Muhammadiyah, para siswa baru juga diajari adab sekolah, salah satunya tidak boleh memanggil dengan nama ejekan, termasuk mengejek nama orangtua. 


Aku mewawancarai Ketua Panitia MPLS Ustazah Ummu Sulaim pada Jumat, 28 Juli 2023. “Alhamdulillah, MPLS berjalan lancar, materi-materi yang sudah disiapkan dapat diterima dengan baik oleh mereka. Semua persiapan sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Pelaksanaan MPLS kurang tujuh hari persiapan dikebut bahkan dikerjakan sampai malam,” katanya.

Pada Selasa, 1 Agustus 2023, aku mewawancarai Sekretasi Panitia MPLS Ustazah Ika Lukita tentang persiapan MPLS. ““Beberapa persiapan menjelang MPLS kita lakukan bersama-sama dengan kerja bakti, semua pekerjaan kalau dilaksanakan secara bersama-sama jadi terasa ringan. Mulai meniup balon, menggunting tanda peserta, membersihkan kelas sampai menata kursi dilakukan secara bersama-sama,” katanya.


Salah satu siswa baru yang mengikuti MPLS adalah Aghna Sarah Mumtazah. Aku mewawancarainya siswi kelas I-C itu soal pengalamannya ikut MPLS pada Selasa (1/8). “Saya senang ikut MPLS, saya diajari menyanyi, doa makan, doa sebelum tidur, doa masuk dan keluar kamar mandi, dan doa- doa lainnya serta hafalan surat-surat pendek,” ujarnya saat ditemui di kelas ketika jam istirahat. Siswi yang akrab dipanggil Sarah ini mengaku sudah hafal surat al Ikhlas, al Falaq, An Naas, al Fatihah, dan bahkan An Naba. (M-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Bintang Krisanti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat