visitaaponce.com

Yayayan Pita Kuning Gelar Program Edukatif Bersama Anak Pejuang Kanker

Yayayan Pita Kuning Gelar Program Edukatif Bersama Anak Pejuang Kanker
Sebagian anak dengan kanker yang ikut program piknik edukatif.(MI/Nike Amelia Sari)

Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia (Pita Kuning), sebuah yayasan yang memberikan pendampingan psikososial untuk anak dengan kanker dari keluarga prasejahtera di Indonesia, mengadakan program piknik edukatif.

Program yang dilakukan secara reguler ini mengikutsertakan 21 anak pejuang kanker di wilayah Jabodetabek yang tergabung sebagai anggota Pita Kuning. Masing-masing anak dengan kanker tersebut didampingi oleh orangtua ataupun keluarga serta tim Pita Kuning.

Dalam menjalankan pendampingan psikososial, yayasan yang berdiri dan diawasi oleh figur seperti Indrodjojo Kusumonegoro (pengawas), Pandji Pragiwaksono, serta Steny Agustaf (pendiri dan pembina) sejak 26 April 2007 ini, memiliki sejumlah kegiatan dan pendampingan untuk anak pejuang kanker.

Aktivitas yang bersifat rekreatif dan edukatif menjadi salah satu hal yang penting untuk dukungan psikologis anak dengan kanker. Aktivitas ini menjadi sarana untuk APK memiliki pengalaman bermain dan belajar layaknya anak-anak, di sela-sela kebutuhannya sehari-hari menjalani protokol kesehatan. Anak-anak menjadi lebih semangat dan tidak merasa sendiri dalam melawan kanker.

Piknik Edukatif Jakarta dilakukan di Trans Studio Cibubur, Depok, Jawa Barat pada Jumat, (22/12). Para pesereta bisa bermain di wahana permainan yang telah ditentukan sesuai arahan dari dokter dan tim Pita Kuning. Sebanyak 21 anak yang ikut serta dalam program ini dibagi atas empat kelompok yakni kelompok khusus, kecil, sedang, dan besar. Pengelompokam didasarkan jenis kanker dan usia anak. Kelompok khusus biasanya untuk anak disabilitas, seperti mereka yang memakai kursi roda.

Ketua Pita Kuning Raka Eka Pramudito yang turut hadir di Trans Studio Cibubur berharap piknik edukatif menjadi momen bersenang-senang serta penguatan untuk para APK dan keluarga.

"Harapannya keluarga bahagia, anak-anak juga senang. Ini juga jadi ajang bonding antara anak dan keluarga serta kami juga di tim Pita Kuning. Ini juga menjadi awareness dari masyarakat dengan kami yang memakai baju biru-biru, masyarakat bisa melihat bahwa kanker anak sebegini ketatnya, gak boleh makan sembarangan,dan segala macam," tuturnya. (M-3)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat