visitaaponce.com

Mandiri Kembangkan UKM di Kampus Unnes

Mandiri Kembangkan UKM di Kampus Unnes
Universitas Negeri Semarang(MI/ Yanurisa )

SALAH satu program corporate social responsibility (CSR) Bank Mandiri ialah mengembangkan wi­rausaha muda mandiri (WMM) dengan menyasar usaha kecil menengah (UKM), termasuk di lingkungan kampus. Salah satunya UKM Rasendriya Kriya Tulang Daun di Universitas Negeri Semarang (Unnes).  

Rohan Hafas, Corporate Secretary Bank Mandiri, menjelaskan kampus menjadi langkah pertama pengembangan wirausaha agar cara pandang generasi muda berpindah dari generasi pencari lapangan kerja menjadi pencipta lapangan kerja. Terlebih, 61% dari total penduduk Indonesia merupakan generasi usia produktif. Sayangnya, baru 1,65% penduduk yang menjadi wirausaha.

“Wirausaha itu pasti akan mening­kat. Ketika meningkat, pasti butuh mo­dal. Di situlah kami berlaku sebagai penyedia layanan perbankan yang dibutuhkan,” ucap Rohan di Semarang, Kamis (29/11).

Founder Kriya Tulang Daun Unnes, Amin Retnoningsih, mengatakan Bank Mandiri telah memberikan bantuan melalui pendanaan kepada Kriya Tulang Daun saat mengikuti pameran bergengsi di ­Yogyakarta beberapa bulan lalu, yakni International Women of Council.

“Sebelum bertemu Mandiri, kegiat­an usaha kami hanya di perguruan tinggi negeri (PTN) yang diusulkan oleh dosen. Kemudian di kompeti­si tingkat nasional, Bank Mandiri datang dan membiayai pameran se­­ni­lai puluhan juta rupiah. Sejak saat itu pesanan makin banyak,” ka­ta Amin.

Kriya Tulang Daun merupakan bis­­nis kreatif yang memanfaatkan sampah daun di lingkungan sekitar kam­pus Unnes. Tulang-tulang atau se­­rat-serat daun itu dimanfaatkan sebagai media lukis yang bernilai ratusan ribu rupiah. Amin menyebut hingga saat ini omzet usaha bersama rekan-rekannya di lingkungan Unnes ini sudah mencapai ratusan juta rupiah.

Rohan mengatakan, sejak dilun­cur­kan pertama kali pada 2007, WMM sudah kebanjiran peserta sebanyak 36 ribu pendaftar. Dari 2007 sampai 2018, sudah ada 656 kampus yang dilibatkan. Sektor usaha yang dikompetisikan pun mengalami ber­­bagai penyesuaian, mulai boga hingga wirausaha digital. (Aya/E-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Dedy P

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat