visitaaponce.com

Ridwan Kamil tak Setuju Tarif Tol Jakarta-Bandung Naik

Ridwan Kamil tak Setuju Tarif Tol Jakarta-Bandung Naik
Kendaraan di Tol CIpularang(ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil mengkritik kebijakan PT. Jasa Marga yang menerapkan kenaikan tarif tol Jakarta-Bandung berlaku pada 5 September 2020.

Menurut Ridwan Kamil, menaikkan tarif tol saat situasi ekonomi sulit karena pandemi sangat tidak bijak.

"Ekonomi yang potensi resesi ini hanya akan diperparah oleh kebijakan korporasi. Karena sub sektor ekonomi turunannya akan ikut naik," ujar Ridwan mengomentari unggahan berita soal kenaikan tarif tol melalui akun twitternya @ridwankamil, Sabtu (5/9).

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lain, ucap Ridwan Kamil, berlomba menurunkan, menggratiskan, mensubsidi. Ia pun heran dengan PT. Jasa Marga yang membuat kebijakan menambah beban ongkos bagi masyarakat. Ia berharap kenaikan tarif tersebut ditunda atau ditinjau terlebih dahulu.

"Ini malah menaikan beban ongkos ekonomi. Mohon ditunda dan ditinjau ulang sampai situasi ekonomi membaik, karena itu bagian dari bela negara anda," tuturnya.

Baca juga: Diprotes, Tarif Gol I Cipularang-Padaleunyi Didiskon ke Semula

 PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) melalui PT Jasamarga Metropolitan Tollroad melakukan penyesuaian atas tarif Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dan ruas jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) yang mulai berlaku hari ini 5 September 2020 pukul 00.00 WIB.

Penyesuaian tarif, otomatis membuat golongan I Tol Cipularang naik menjadi Rp42.500 dari sebelumnya Rp39.500. Begitu pula, tarif tol Jakarta-Bandung akan naik. Selisih kenaikannya sekitar Rp 3000. Dengan simulasi sesuai dengan tarif penyesuaian, pengguna jalan melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju Bandung melalui Gerbang Tol (GT) Pasteur, tarif total sebelumnya sebesar Rp58.000, dengan adanya simulasi kenaikan tarif menjadi total Rp 61.000 dengan rincian, Jakarta-Cikampek Rp15.000, Cipularang Rp39.500 dan Padaleunyi Rp3.500, Jakarta-Cikampek Rp15.000, Cipularang Rp42.500 dan Padaleunyi Rp 3.500.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat