visitaaponce.com

Bantu Masyarakat Atasi Masalah Rumah

Bantu Masyarakat Atasi Masalah Rumah
Ilustrasi(Dok. Adhi Cakra Utama Mulia)

KETERBATASAN lahan memang menjadi masalah dalam mengembangkan perumahan atau properti di kota-kota besar. Untuk mengakalinya masyarakat atau pengembang biasanya memilih memperbesar rumah mereka ke atas atau ditingkat. Untuk itu dak beton menjadi komponen penting dalam konstruksi bangunan.

Dak beton biasanya difungsikan sebagai pembatas antar lantai pada bangunan bertingkat, juga dapat difungsikan sebagai atap atau yang lebih dikenal dengan sebutan atap dak beton.

Diungkapkan General Manager Commerce PT Adhi Cakra Utama Mulia, Antony Kostka, dak beton diminati sebagai atap karena sifatnya yang kokoh, mudah dibersihkan,  mudah perawatannya dan dapat dijadikan area serbaguna. Selain aspek fungsional, dak beton juga dapat menambah nilai estetika dari sebuah bangunan.

"Pembentukan dak beton itu sendiri biasanya melalui proses pengecoran dengan unsur material yang berperan yaitu semen, pasir, kerikil, air, aditif beton serta bidang yang telah disiapkan dengan tulangan beton untuk memperkuat struktur bangunan." Pembangunan rumah dengan atap beton bukan merupakan hal yang sulit dilakukan, namun tetap menjadi sebuah biaya investasi tempat tinggal bagi keluarga sehingga tetap perlu diperhatikan proses dan bahan-bahan pengecorannya.

Apabila proses pengecoran beton tersebut tidak dilakukan dengan sempurna maka dapat menyebabkan masalah di kemudian hari seperti beton keropos dan masalah yang kerap terjadi yaitu kebocoran. Ia pun membeberkan beberapa penyebab dak beton bocor. Pertama,  pengecoran beton yang tidak sempurna akibat perbandingan campuran bahan yang tidak sesuai.

Kedua, hasil coran yang tidak memenuhi standar. Ketiga, permukaan beton yang tidak halus dan keempat, penggunaan waterproofing yang tidak tepat. "Setelah mengetahui penyebab dak beton bocor, solusi mengatasi dak beton bocor yang tentunya dapat diterapkan yaitu dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas dan proses pengerjaan yang tepat, mengikuti panduan aplikasi produk yang biasanya tertera di setiap kemasan.

Berikut tips aplikasi produk mulai dari pengecoran beton hingga proses pelapisan cat anti bocor," paparnya. Ia pun memaparkan agar beton tidak mudah bocor. Campuran Super Cement dan semen merupakan kombinasi yang tepat sebagai primer.

Selain berfungsi menutup pori-pori pada plasteran, campuran tersebut juga dapat meningkatkan daya lekat ke substrat serta mengikat partikel kecil yang masih tertinggal. cara penggunaan adalah, pertama bersihkan permukaan yang akan dilapisi primer dari lumut, jamur, sisa semen dan kotoran lainnya.

Kemudian campurkan Super Cement dan semen sebagai primer dengan perbandingan volume 1:1?4 dan aduk hingga rata. Selanjutnya aplikasikan primer Super Cement dan semen dengan menggunakan kuas atau rol sebanyak satu kali pelapisan Hasil aplikasi waterproofing Aquaproof Pro pada dak beton. (RO/A-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Maulana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat