visitaaponce.com

Universitas Khairun Akui Manfaat Pembangunan Tol Laut

Universitas Khairun Akui Manfaat Pembangunan Tol Laut
Tol laut.( ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)

Tol Laut menjadi salah satu Program Strategis Nasional (PSN) Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat banyak pengakuan sebagai kebijakan yang sangat bermanfaat. Tol laut era Jokowi terbukti mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di berbagai daerah.

Universitas Khairun (Unkhair) melalui Wakil Rektor I, Dr. Suratman Sujud menyampaikan program gagasan Presiden Jokowi tersebut merupakan kebijakan yang mengutamakan kepentingan masyarakat. Hal itu diungkapkan saat menjadi pembicara dalam Seminar Indonesia Maju bertajuk Menakar Kekuatan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia : Menelaah Kebijakan Strategis Presiden Jokowi Bidang Ekonomi Kelautan di Ternate, Maluku Utara.

“Sebenarnya banyak hal termasuk yang kemudian kebijakan Pemerintah di bidang tol laut saat ini itu memang sangat membantu dari sisi perekonomian,” kata Dr. Suratman di Universitas Khairun, Ternate, Kamis, (27/01/21).

Suratman menuturkan berkat kebijakan tol laut Presiden Jokowi banyak wilayah pelosok yang dapat dijangkau. Sehingga, lanjut ia, berimbas positif terbukanya akses perdagangan di daerah-daerah.

Lebih lanjut dia menyebut, dengan begitu semakin memudahkan jalur mobilitas bahan perdagangan di daerah. Selain itu juga sangat  membantu masyarakat menjalani aktivitas maupun memenuhi kebutuhan sehari-hari.   

“Dengan tol laut termasuk wilayah Maluku Utara yang kemudian dari segi perdagangan barang masuk keluar itu bisa kemudian dijangkau,” terang Suratman.

Dengan begitu , Suratman menilai, dampak positifnya juga turut mempengaruhi kestabilan harga bahan pangan yang menjadi lebih terjangkau.  Kondisi tersebut, menurut dia, menjadi bukti nyata manfaat program Presiden Jokowi dirasakan langsung masyarakat.

“Itu kemudian bisa menyebabkan standarisasi harga yang relatif variasi nya tidak ada perbedaan yang sangat jauh. Seperti di wilayah Halmahera saat ini juga banyak sekali yang dijangkau,” pungkas Suratman.

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat