visitaaponce.com

Cek Harga Minyak Goreng, Presiden Blusukan ke Pasar

Cek Harga Minyak Goreng, Presiden Blusukan ke Pasar
Presiden Jokowi saat meninjau sejumlah pasar di wilayah Jawa Tengah(Dok. Biro Pers Setpres)

PRESIDEN Joko Widodo meninjau sejumlah pasar di wilayah Jawa Tengah pada Rabu (30/3) ini. Kepala Negara ingin memastikan ketersediaan bahan pokok, terutama minyak goreng.

Jokowi, sapaan akrabnya, mengecek keamanan stok dan harga minyak goreng, setelah pemerintah menetapkan aturan baru terkait harga eceran tertinggi (HET).

"Kita ingin mengecek terutama menjelang Ramadan," ujar Presiden.

Baca juga: Stok Minyak Goreng Surplus 1 Juta Kilo Liter, DPR : Kenapa Langka?

Di Pasar Baledono, Kabupaten Purworejo, Jokowi melihat stok minyak goreng curah sangat terbatas. Harganya pun dibanderol Rp15.500 per liter, atau di atas HET pemerintah, yakni Rp14.000 per liter.

"Tadi saya lihat di situ tinggal dua liter. Ada tapi stok tidak banyak. Harganya Rp15.500 per liter. Itu masih belum mencapai yang kita inginkan di Rp14.000. Untuk harga yang lain masih pada posisi baik," katanya.

Adapun terkait minyak goreng kemasan modern, Kepala Negara melihat stok cukup banyak. Namun, harganya melambung tinggi hingga Rp24.000 per liter.

"Saya kira, untuk minyak goreng kemasan, stok cukup. Paling penting memang jangan sampai harga naik terlalu tinggi. Kalau menjelang Lebaran, seperti itu kebiasaannya," pungkas Jokowi.

Baca juga: Jelang Ramadan, Minyak Goreng dan Sirup Merajai Transaksi E-Commerce

Hal serupa tidak jauh berbeda di Pasar Tempuran, Magelang. Minyak goreng masih menjadi persoalan pelik di tengah kehidupan masyarakat.

Untuk bahan pangan lain, seperti cabai dan bawang merah, Jokowi melihat ketersediaan cukup banyak dan harga dalam posisi normal. Dia sempat membeli dua komoditas tersebut dari seorang pedagang setempat.

“Ini berapa harga cabai?” tanya Presiden. “Rp40.000 per kilogram (kg),” jawab pedagang cabai. "Ya saya beli kg,” lanjut Jokowi.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat