visitaaponce.com

Pengertian Motif Ekonomi, Macam, dan Contohnya

Pengertian Motif Ekonomi, Macam, dan Contohnya
-(Ilustrasi)

UNTUK bertahan hidup, dan berkembang, manusia harus mencukupi kebutuhannya. Kebutuhan inilah yang menciptakan sebuah motivasi. Terutama motivasi ekonomi.

MOTIF EKONOMI

Menurut KBBI, motivasi adalah usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya atau mendapat kepuasan dengan perbuatannya. Maka, motivasi ekonomi adalah suatu alasan atau tujuan yang dimiliki seseorang untuk melakukan usaha yang berhubungan dengan ekonomi. Alasan atau tujuan ini berupa kebutuhan untuk mencapai kebebasan finansial.

4 MACAM MOTIF EKONOMI beserta Contohnya

1. Motif untuk Memenuhi Kebutuhan
Untuk memenuhi kebutuhan agar bisa bertahan hidup adalah salah satu bentuk dari motif ekonomi. Kebutuhan bisa dibagi dalam berbagai jenis:

- Kebutuhan Primer: Makanan, Pakaian, dan Rumah
- Kebutuhan Sekunder: Hiburan, Gawai, Internet
- Kebutuhan Tersier: Mobil mewah, Pakaian Branded, Rumah mewah

2. Motif untuk Memperoleh Keuntungan
Motif ini menjadi tujuan bagi orang untuk melakukan usaha agar mendapat keuntungan, saat orang mendirikan usaha atau bisnis, maka tujuan dari bisnis tersebut adalah untuk memperoleh keuntungan.

3. Motif untuk Mendapat Penghargaan
Penghargaan dapat diberikan kepada anggota masyarakat yang dinilai mampu dan layak, artinya, dari segi ekonomi berada diatas rata rata atau bahkan di level kaya. Penghargaan ini dapat berupa penghormatan atas strata sosial.

4. Motif memperoleh kekuasaan
Dengan uang, kekuasaan juga bisa dicapai dan memperoleh kekuasaan juga salah satu bentuk dari motif ekonomi. Dengan tingkat finansial yang baik, seseorang akan lebih mudah memperoleh tempat politik, dibanding orang yang tidak. (OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat