visitaaponce.com

Pengunjung di Empat Kebun Raya Tembus 1,4 Juta Orang

Pengunjung di Empat Kebun Raya Tembus 1,4 Juta Orang
Bunga bangkai atau Amorphophallus titanium (Becc.) dengan ketinggian 2 meter yang mekar di Kebun Raya Bogor.(MI/DEDE SUSIANTI )

SEIRING pengendalian pandemi covid-19 yang terus membaik, pengunjung di empat kebun raya yang dikelola oleh PT. Mitra Natura Raya (MNR) tercatat positif dengan menembus 1,4 juta orang selama periode Januari-Juli 2022.

Direktur Marketing dan Revenue PT Mitra Natura Raya M. Bayu Sumarijanto menuturkan, jumlah pengunjung itu tersebar di Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas (keduanya di Jawa Barat), Kebun Raya Purwodadi (Pasuruan, Jawa Timur) dan Kebun Raya Eka Karya (Bali).

Baca juga: Presiden: Alsintan Bisa Tekan Food Loss Menjadi 7%

"Masyarakat sudah banyak yang datang di empat kebun raya yang kami kelola. Ini karena pemulihan ekonomi yang positif serta keberhasilan pemerintah dalam mengendalikan pandemi," kata dia dalam keterangannya, Senin (22/8).

Menurut Bayu, banyak tantangan yang harus dihadapi oleh PT MNR dalam mengelola empat kebun raya tersebut sejak Januari 2020, yang dimana aktivitas masyarakat di kebun raya nyaris berhenti. 

Namun demikian, sesuai dengan arahan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kepada PT MNR, diminta untuk peningkatan fasilitas kebutuhan pengunjung di empat fungsi kebun raya terus dilakukan. 

Salah satunya dengan digitalisasi penjualan tiket. Ini menjadi upaya agar memudahkan pengunjung di tengah kondisi covid-19. 

"Bagi kami pengelola, ticketing ini menjadi salah satu parameter tentang akuntabilitas pengelolaan kebun raya,” ungkap Bayu.

Terhadap aset-aset tumbuhan, PT MNR juga mengaku telah melakukan revitalisasi sejumlah taman-taman tematik agar dapat memanjakan kebutuhan pengunjung di kebun raya, serta menggandeng pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam penampilan budayawan lokal. (OL-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat