visitaaponce.com

Pembiayaan Hijau Mandiri Sentuh Rp228 Triliun

Pembiayaan Hijau Mandiri Sentuh Rp228 Triliun
Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi memberikan paparannya pada Mandiri Investment Forum 2022 di Jakarta, Rabu (9/2).(Antara)

BANK Mandiri telah mengucurkan kredit pembiayaan hijau Rp222,8 triliun, dengan total keseluruhan 25% dari portofolio kredit yang ada. Pembiayaan ini ditujukan guna mencapai Enchance Nationally Determine Contribution (ENDC) di 2030 dan nol emisi net zero emission pada 2060.

Rencananya, komitmen perbankan hijau ini akan terus direalisasikan melalui pembangunan green economy system termasuk penyelarasan portofolio taksonomi hijau Indonesia.

"Mandiri akan mendorong pengembangan produk dan jasa perbankan berkelanjutan dalam rangka menjaga share sustainability portfolio sebesar 25%,” ujar Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi pada acara Mandiri Investment Forum di Jakarta, Rabu (01/02).

Pengembangan produk dan jasa ini akan berada di seputar penyaluran pembiayaan kendaraan listrik berbasis baterai, serta pembiayaan proyek hijau seperti renewable clean energy transportation dan properti hijau.

Gairah pembiayaan hijau di Indonesia kian meningkat. Secara tahunan (yoy) Bank Mandiri mencatat pembiayaan hijau tumbuh 11% atau mencapai Rp101 triliun pada 2022.

"Pembiayaan hijau ini sudah menyasar ke berbagai sektor. Untuk sektor pertanian sebesar Rp93 triliun, dan sektor energi terbarukan sebesar Rp6,1 triliun yang terbagi menjadi geothermal powerplant dan hydro powerplant,” terang Darmawan.

Dalam forum ini Mandiri juga menekankan kebijakan hilirisasi industri untuk peningkatan nilai tambah.

Kebijakan yang digarap ke depannya akan membahas seputar pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT), environment, social and governance (ESG), ekonomi hijau, kendraan listrik, hingga program pemerintah dalam memperluas investasi untuk IKN. (E-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Heryadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat