visitaaponce.com

PT Majoris Asset Management Luncurkan Reksa Dana Berbasis SBN

PT Majoris Asset Management Luncurkan Reksa Dana Berbasis SBN
Sejumlah tenaga penjual menawarkan produk reksadana di salah satu stan dalam Pameran Pekan Reksadana beberapa waktu lalu(Antara)

PT Majoris Asset Management meluncurkan dan melakukan Pencatatan Perdana Reksa Dana Majoris Government Bonds ETF Indonesia di Bursa Efek Indonesia dengan kode perdagangan XMGB.

Reksa Dana Majoris Government Bonds ETF Indonesia telah mendapatkan surat pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 31 Mei 2023.

Peluncuran ETF XMGB diharapkan akan memperkuat posisi Majoris sebagai Manajer Investasi di Indonesia yang mengedepankan inovasi dan pengelolaan investasi profesional, untuk mendukung pertumbuhan industri reksadana di Indonesia dan mewujudkan inklusi keuangan bagi masyarakat Indonesia.

"Reksa Dana Majoris Government Bonds ETF Indonesia akan dikelola secara aktif dan akan berinvestasi hanya pada Surat Berharga Negara (SBN) Republik Indonesia dengan jangka waktu atau sisa jatuh tempo tidak lebih dari 5 (lima) tahun," kata Direktur Utama Majoris Zulfa Hendri, melalui keterangan yang diterima, Minggu (18/6).

Adapun kebijakan investasi dari Reksa Dana ini yaitu 80-100% pada SBN dan/atau Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Republik Indonesia yang diperdagangkan Indonesia. Lalu sebesar 0-20% diinvestasikan pada instrumen pasar uang dalam negeri yang mempunyai jatuh tempo tidak lebih dari 1 (satu) tahun dan/atau deposito.

Dengan berinvestasi di Reksa Dana Majoris Government Bonds ETF Indonesia, diharapkan memberikan potensi pertumbuhan yang optimal atas nilai investasi yang berasal dari capital gain dan reinvestment atas kupon SBN yang didapatkan oleh ETF XMGB.

Untuk mendukung pengelolaan investasi ETF XMGB ini, Majoris menjalin kerja sama dengan PT BCA Sekuritas yang berperan sebagai Dealer Partisipan dan PT Bank Central Asia Tbk sebagai Bank Kustodian.

Pemulihan ekonomi nasional yang terus membaik diiringi dengan pembangunan di segala bidang oleh pemerintah memberikan peluang kepada investor baik institusi maupun perorangan untuk berperan secara aktif melalui investasi pada Surat Utang yang diterbitkan oleh Negara Republik Indonesia.

Minat yang sangat besar terutama dari investor dalam negeri terhadap Surat Utang Negara ini atau lazimnya disebut Surat Berharga Negara (SBN) tumbuh sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Setiap penerbitan SBN oleh pemerintah RI selalu diikuti dengan permintaan yang melebihi jumlah yang ditawarkan (oversubscribe).

"Reksa Dana Majoris Government Bonds ETF Indonesia merupakan bentuk partisipasi aktif Majoris dalam mendukung pemerintah untuk semakin memudahkan akses bagi investor untuk berinvestasi di SBN dan secara tidak langsung ikut serta dalam membangun negeri karena Reksa Dana Majoris Government Bonds ETF Indonesia seluruhnya diinvestasikan di SBN," kata Zulfa.

Dia menjelaskan melaui Reksa Dana Majoris Government Bonds ETF Indonesia, investor dapat memiliki SBN dan bisa menjualnya setiap saat pada hari perdagangan Bursa Efek Indonesia.

Investor yang ingin berinvestasi pada Reksa Dana Majoris Government Bonds ETF Indonesia, dapat membeli melalui PT BCA Sekuritas sebagai Dealer Partisipan, atau melalui perusahaan sekuritas manapun melalui mekanisme perdagangan di Bursa Efek Indonesia dengan nilai investasi mulai Rp100 ribuan. (E-3)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Heryadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat