visitaaponce.com

UMKM Go Digital Harus Didukung untuk Gerakkan Roda Perekonomian

UMKM Go Digital Harus Didukung untuk Gerakkan Roda Perekonomian
Tangsel Digifest 2023 merupakan rangkaian kegiatan Program UMKM untuk Indonesia (UUI) untuk Transformasi Digital.(Dok. Istimewa )

PERTUMBUHAN UMKM di Indonesia termasuk melalui transformasi digital harus mendapat dukungan dari berbagai pihak. Apalagi, sektor UMKM termasuk salah satu penggerak utama perekonomian nasional. Hal ini menjadi salah satu latar belakang PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) berpartisipasi dalam acara Tangsel Digifest 2023 yang merupakan rangkaian kegiatan Program UMKM untuk Indonesia (UUI) untuk Transformasi Digital di Tangerang Selatan pada Jumat-Minggu (11-13/8/2023).

Kepala Urusan Eksternal Sampoerna, Ishak Danuningrat, mengatakan Sampoerna berkomitmen mendukung 

pertumbuhan UMKM di Indonesia termasuk melalui transformasi digital “Melalui payung Program Keberlanjutan Sampoerna Untuk Indonesia, kami senantiasa mendukung sektor UMKM untuk terus bertumbuh sebagai salah satu penggerak utama perekonomian nasional,” kata Ishak dalam keterangan, Selasa (15/8/2023).

Sebagai informasi, Program UUI untuk Transformasi Digital bertujuan mengakselerasi pengembangan UMKM melalui penguatan kapasitas dalam pemasaran digital untuk dapat meningkatkan daya saing. Sekitar 1.000 pelaku UMKM di Provinsi DKI Jakarta dan Banten menjadi target dalam program tersebut. Para pelaku UMKM dibekali dengan berbagai materi yang relevan seperti pemasaran melalui platform digital hingga penerapan sistem pembayaran digital.

Dalam pelaksanaan Program UUI untuk Transformasi Digital, Sampoerna melalui Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) di bawah payung program keberlanjutan Sampoerna untuk Indonesia bersama dengan mitra tanggung jawab sosial perusahaan Yayasan INOTEK menggandeng beberapa mitra strategis. Di antaranya adalah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kota Tangerang, Pemerintah Kota Tangerang Selatan, dan Pemerintah Kota Serang.

Direktur Eksekutif INOTEK Ivi Anggaeni berharap para pelaku UMKM dapat mengaplikasikan pengetahuan yang mereka peroleh sehingga mampu mengembangkan usah secara holistik. Diharapkan pula aspek-aspek kewirausahaan, digitalisasi usaha maupun implementasi usaha dapat tercakupi untuk keberlanjutan usaha dan berdampak bagi pergerakkan perekonomian di daerah setempat. 

“Tak hanya itu, kami juga berharap teman-teman UMKM yang mengikuti program ini dapat membagikan ilmu yang diperoleh kepada pelaku UMKM lainnya. Dengan demikian, mereka dapat bersama-sama berkontribusi pada kemajuan perekonomian Indonesia,” ujar Ivi.

Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, mengapresiasi implementasi program UUI untuk Transformasi Digital di wilayah Tangsel yang telah berjalan sejak Februari 2023. Ia menekankan pentingnya peran sektor UMKM dalam perekonomian nasional dan berharap UMKM binaan SETC di Tangerang Selatan bisa menjadi role model ke UMKM binaan yang lain. 

“Para pelaku UMKM perlu didorong untuk naik kelas melalui go digital. Langkah digitalisasi ini dapat meningkatkan daya saing dan memperluas peluang bagi pelaku usaha untuk mengembangkan pasar mereka” ujar Benyamin. (RO/A-3)

 

 

 

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Irvan Sihombing

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat