visitaaponce.com

BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 2023 di Angka 5,01

BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 2023 di Angka 5,01%
Ilustrasi(MI)

Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2023 mencapai 5,01%. Prediksi tersebut tertuang dalam anggaran tahunan BI (ATBI) 2023.

"Pertumbuhan ekonomi tahun ini kami perkirakan 4,5% sampai 5,3%. Perkiraan kami masih bisa diasumsi prognosa ATBI adalah 5,01%," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, di Jakarta, Senin (13/11).

Menurut Perry, perekonomian nasional di sepanjang 2023 tumbuh dengan baik dan berdaya, salah satunya berkat sinergi dan koordinasi kebijakan pemerintah dan BI dalam menjaga stabilitas dan pertumbuhan dari dampak negatif gejolak global.

Baca juga: DPR Menyetujui Penyertaan Modal Bank Indonesia Rp40 Miliar

Pertumbuhan ekonomi pada level 5% diperkirakan masih bertahan pada tahun depan. Itu seiring dengan kondisi permintaan domestik yang didorong oleh kenaikan gaji aparatur sipil negara (ASN), penyelenggaraan pemilu, dan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sementara itu, prognosa inflasi ATBI 2023 ditetapkan pada level 2,84%. Angka itu masih berada pada sasaran BI, yaitu 3% plus minus 1%. Adapun, untuk tahun depan, inflasi diperkirakan tetap terjaga pada sasaran 2,5% plus minus 1%. Rencana ATBI 2024 mematok proyeksi inflasi pada level 3,20%.

Baca juga: Anggaran Tahunan BI 2024 akan Defisit Rp29,299 Triliun

'Upaya pengendalian inflasi menekankan konsistensi kebijakan moneter serta sinergi erat antara BI dan pemerintah, baik pusat maupun daerah, melalui Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) serta Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID)," tutur Perry. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat