visitaaponce.com

PLTA Kayan Cascade Diharapkan Dongkrak Perekonomian Masyarakat Lokal

PLTA Kayan Cascade Diharapkan Dongkrak Perekonomian Masyarakat Lokal
Owner PT KHE, Tjandra Limanjaya (kiri) dan Presiden MADN Marthin Billa meninjau lokasi pembangunan PLTA Kayan Cascade, Minggu (10/12)(Dok.IST)

WAKIL Bupati (Wabup) Kabupaten Bulungan, Ingkong Ala, mengapresiasi kemajuan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kayan Cascade di Desa Muara Pengean, Kecamatan Peso, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Ingkong menyatakan bahwa kemajuan tersebut mencerminkan komitmen serius dan ketulusan dari PT Kayan Hydro Energi (PT KHE) selaku pemilik dalam membangun dan berinvestasi.

"Pada hari ini, kita dapat melihat bukti nyata dari keseriusan KHE dalam proyek PLTA Kayan Cascade," kata Ingkong Ala pada acara doa syukur pemberian gelar Warga Kehormatan Dayak dari Masyarakat Adat Dayak Nasional (MADN) kepada owner PT KHE, Tjandra Limanjaya di lokasi pembangunan PLTA Kayan Cascade, Minggu (10/12).

Ingkong Ala mengungkapkan kekagumannya terhadap progres proyek PLTA Kayan Cascade. Ia juga menekankan bahwa proyek ini, sebagai pekerjaan raksasa, bukan hanya berskala nasional, tetapi juga berskala internasional.  "Pada hari ini, kita dapat melihat bukti nyata dari keseriusan KHE dalam proyek PLTA Kayan Cascade," kata Ingkong Ala.

Ia mengatakan kemajuan tersebut terlihat dari pembangunan akses jalannya, terutama menuju titik bendungan I yang diperkirakan telah mencapai lebih dari tiga kilometer. Pembangunan ini telah mengalami kemajuan signifikan sejak kunjungan kami pada bulan Mei.

Selain menyoroti aspek pembangunan fisik, Ingkong Ala juga menekankan pentingnya peningkatan ekonomi dan pendidikan melalui proyek ini. Ia berbicara tentang potensi pengembangan sektor perkebunan pertanian dan berharap proyek ini dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat Bulungan. Ia menilai PLTA Kayan Cascade akan mendapatkan manfaat, terutama dalam menciptakan lapangan kerja setelah rampung.

"Oleh karena itu, kita semua, masyarakat yang ada di sekitar ini, kita beri dukungan. Juga doa karena ini proyek raksasa,” ajaknya.

Ingkong Ala juga menyampaikan rasa syukur karena Tanah Kuning juga akan merasakan manfaat dari proyek ini. Energi listrik yang dihasilkan dari PLTA Kayan Cascade akan menjadi sumber utama bagi industri di Tanah Kuning Mangkupadi. Ia mengajak masyarakat untuk terus mendukung proyek ini melalui doa agar dapat berjalan dengan baik dan memberikan manfaat maksimal bagi semua pihak.

Di acara yang sama, Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN), Marthin Billa menegaskan, PLTA Sungai Kayan akan membawa dampak positif atau mendongkrak pertumbuhan ekonomi di wilayah Kaltara. "Setelah di Kaltim ada IKN di sini ada PLTA Kayan Cascade. PLTA Kayan akan menopang pertumbuhan industri di Kaltara. Maka akan makin berlipat pertumbuhannya," ucapnya.

Selain itu, hasil produksi listrik PLTA Kayan akan dimanfaatkan pada kawasan industri hijau yang dikelola PT Indonesia Strategis Industry (ISI). “PLTA Kayan ini akan menopang pertumbuhan industri di Kaltara, termasuk IKN (Ibukota Negara)," ujarnya.

Marthin yang juga anggota DPD RI ini menegaskan, PT KHE telah melibatkan masyarakat atau bekerja pada proses pembangunan proyek strategis nasional tersebut. "Mereka (KHE) serius untuk membangun demi kepentingan masyarakat, iya kan. Kedua, Kecamatan Peso ini kampung saya, saya sangat peduli kepada orang yang serius mau bertindak, kita dukung PLTA ini," pungkasnya.

Menurut Direktur Operasional PT KHE Khaerony, pihaknya berkomitmen meningkatkan perekonomian Kaltara. Langkah itu dilakukan dengan menggunakan subkontraktor lokal yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan suatu pekerjaan. "Saat ini beberapa proyek sudah menggunakan subkontraktor lokal," ujarnya.

Begitu juga untuk tenaga kerja, pihaknya berkomitmen untuk mempekerjakan tenaga kerja lokal. Saat ini proyek pembangunan PLTA KHE mempekerjakan 3000 orang. Setelah operasional proyek ini diperkirakan akan mempekerjakan sekitar 700 orang. "Saat ini kami juga sudah mulai menggunakan tenaga kerja lokal," tandasnya. (E-3)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Heryadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat