visitaaponce.com

HUT Ke-43, PTBA Dituntut Kontribusi Berlipat

HUT Ke-43, PTBA Dituntut Kontribusi Berlipat
Ilustrasi karyawan PTBA(Dok.PTBA)

DI hari jadinya yang ke-43, PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Anggota Grup MIND ID, dituntut konsisten memberi nilai lebih bagi Indonesia.

"Sebagai anggota Grup MIND ID, PTBA menunjukkan keseriusannya dalam menciptakan masa depan yang baru dan memberikan nilai lebih untuk Indonesia," kata Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf, Rabu (6/3).

Ia menjelaskan, PTBA yang baru saja memperingati HUT ke-43 pada Sabtu (2/3) lalu dengan mengusung tema Pioneering The Future, telah berhasil menunjukkan kinerjanya dalam dua tahun terakhir.

Baca juga : Pengumuman Pelelangan PT Bukit Asam Tbk

PTBA tercatat mampu menaikan produksi batu baranya mencapai 13% menjadi 41,9 juta ton pada 2022. Kala itu, volume penjualan batu bara PTBA mengalami peningkatan menjadi 37 juta ton.

"Keberhasilan ini tentunya menjadi kontribusi penting anggota Grup MIND ID PTBA untuk memberikan devisa bagi Indonesia. Penjualan ekspor batu bara PTBA mencapai 15,6 juta ton atau mengalami kenaikan 25% pada 2023," katanya.

Selain itu, penjualan domestik menyentuh angka 21,4 juta ton atau tumbuh 12% secara tahunan. Optimalisasi kinerja operasional terus diupayakan PTBA seperti meningkatkan penjualan dalam negeri dan ekspor ,juga mengembangan pasar eksisting ataupun pasar-pasar baru.

Baca juga : Grup Mind Id Gelar Seleksi Beasiswa bagi Mahasiswa dari Sekitar PT Bukit Asam

PTBA juga tercatat menggarap beberapa proyek strategis sebagai bagian dari meningkatkan kinerja perusahaan. Di antaranya, dengan melakukan pembangunan proyek PLTU Mulut Tambang Sumsel-8 (2x621,72 MW) yang mulai beroperasi secara komersil pada 7 Oktober 2023 lalu.

PTBA juga mengembangkan angkutan batu bara relasi Tanjung Enim-Keramasan sehingga berdampak pada kapasita angkut batu bara mencapai 20 juta ton per tahun. Kontribusi PTBA terhadap penerimaan negara tumbuh dengan berkontribusi pada pajak dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) PTBA pada 2022 mencapai Rp15,7 triliun.

"Upaya tersebut dalam rangka memberikan nilai lebih untuk pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kemakmuran rakyat," ucapnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Heryadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat