visitaaponce.com

Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus Usai, 162 Ribu Kendaraan Balik ke Jabotabek

Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus Usai, 162 Ribu Kendaraan Balik ke Jabotabek
Ilustrasi(Antara)

PT Jasa Marga mencatat sebanyak 162.553 kendaraan kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabotabek) pada periode H+2 Libur Panjang Hari Kenaikan Yesus Kristus, atau pada Sabtu (11/5).

Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani menuturkan angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat gerbang tol (GT) utama yakni GT Cikupa dari arah Merak, GT Ciawi dari arah Puncak, dan GT Cikampek Utama dari arah Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama dari arah Bandung.

"Total volume lalin yang kembali ke wilayah Jabotabek ini naik 10,75% jika dibandingkan lalin normal," ujar Faiza melalui keterangan resmi, Minggu (12/5).

Baca juga : Libur Nyepi, 520 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Distribusi lalu lintas kembali ke Jabotabek didominasi dari arah timur atau Trans Jawa dan Bandung dengan jumlah 74.823 kendaraan atau 43,45% dari total kendaraan yang balik pada H+2 libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus 2024. Lalu, 47.024 kendaraan 31,32% dari arah barat atau Merak dan 40.706 kendaraan atau 25,23% dari arah selatan atau Puncak.

Adapun rincian distribusi lalin yang kembali ke Jabotabek ialah dari arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebanyak 33.805 kendaraan, naik sebesar 9,26% dari lalin normal. Kemudian, dari arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularan adalah sebanyak 41.018 kendaraan, naik sebesar 20,43% dari lalin normal.

"Total lalin kembali ke Jabotabek dari arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut sebanyak 74.823 kendaraan, naik sebesar 15,11% dari lalin normal," jelas Faiza.

Baca juga : Sejak H-2 Idul Adha 182 Ribu Kendaraan Sudah Lebih Dulu Keluar Jabotabek

Jasa juga mencatat untuk kendaraan yang kembali ke Jabotabek dari arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak mencapai 47.024 unit, naik sebesar 2,48% dari lalin normal.

Sementara itu, jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek dari arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 40.706 kendaraan, naik sebesar 13,41% dari lalin normal.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, pastikan kecukupan bahan bakar minyak (BBM) dan saldo uang elektronik, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat