visitaaponce.com

Pertamina Pastikan Harga BBM Nonsubsidi tidak Naik

Pertamina Pastikan Harga BBM Nonsubsidi tidak Naik
Petugas SPBU sedang mengisi BBM kendaraan pribadi.(MI/Supardji Rasban)

PT Pertamina melalui anak usahanya, PT Pertamina Patra Niaga, kembali tidak menaikkan harga BBM nonsubsidi pada Juni. Itu dilakukan meski harga minyak dunia menunjukkan tren naik dan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat melemah.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan keputusan tidak mengubah harga BBM mengacu pada beberapa aspek yang tercantum dalam Kepmen ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang formulasi harga JBU atau BBM nonsubsidi.

Dalam aturan itu, kata Irto, perhitungan formulasi harga BBM di antaranya dipengaruhi oleh nilai tukar dolar AS dan MOPS. "Penyesuaian harga BBM nonsubsidi memang mengacu pada regulasi. Namun pada kondisi saat ini kami mendukung upaya pemerintah untuk menjaga stabilitas perekonomian," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/6).

Adapun daftar Harga BBM Pertamina saat ini ialah Pertamax Rp12.950 per liter; Pertamax Green 95 Rp13.900 per liter; Pertamax Turbo Rp14.400 per liter; Dexlite Rp14.550 per liter; dan Pertamina Dex Rp15.100 liter.

Harga itu berlaku untuk wilayah Jawa dan wilayah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5%. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat