visitaaponce.com

NPL Meningkat, UMKM paling Rentan Terdampak Ekonomi

NPL Meningkat, UMKM paling Rentan Terdampak Ekonomi
Sejumlah peserta mempraktikkan cara memotret produk menggunakan gawai saat pelatihan fotografi produk UMKM di Desa Kenanga, Indramayu.(Antara/Dedhez Anggara)

USAHA menengah, kecil, dan mikro (UMKM) merupakan sektor yang paling rentan terkena dampak ekonomi. Hal itulah yang menyebabkan nonperforming loan (NPL) pada segmen usaha kecil dan mikro meningkat pada April 2024.

"Ya UMKM ini memang yang paling rentan terkena dampak ekonomi. Jadi mereka itu modalnya rendah atau kecil, sehingga bila kena dampak ekonomi itu sulit untuk pulih ya," ujar Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Abdul Manap Pulungan kepada Media Indonesia, Selasa (11/6).

Menurut Abdul, sejak akhir 2023 hingga saat ini situasi perekonomian memang dalam ketidakpastian, mulai dari naiknya suku bunga bank, melemahnya nilai tukar rupiah, hingga perang dagang turut berdampak pada perekonomian Indonesia. Apalagi, pascarelaksasi setelah pandemi covid-19, UMKM belum benar-benar pulih.

Baca juga : Penyaluran Kredit Baru di Triwulan II-2023 Terindikasi Meningkat

"Situasi ekonomi global maupun domestik itu secara tidak langsung berdampak pada UMKM kita. Misalnya mereka harus mendapatkan bahan baku impor, tetapi karena ekonomi global lagi terpuruk harga bahan bakunya naik dan UMKM tidak punya kemampuan itu," jelasnya.

"Kalau perusahaan besar kan manajemen risikonya itu lebih baiklah. Jadi mereka bisa me-manage risiko. Tapi UMKM dengan modal yang kecil, digitalisasi juga belum optimal akan sulit me-manage risiko," tambah Abdul.

Lebih lanjut, dia menyebut bantuan atau dukungan dari pemerintah memang sudah banyak. Akan tetapi bantuan tersebut belum efisien dalam mengatasi persoalan yang dihadapi UMKM.

"Ya banyak narasi bahwa UMKM sudah bagus, tetapi kita lihat sendiri masih banyak yang sulit bersaing. Produk luar negeri juga terus membanjiri pasar Indonesia dengan harga lebih murah dan kualitas mirip dengan produk UMKM kita. Ini juga yang harus diperhatikan pemerintah untuk melindungi UMKM," kata dia.

Abdul berharap situasi tersebut bisa segera pulih dan UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia kembali berdaya serta makin banyak yang bisa naik kelas. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat