visitaaponce.com

Kecerdasan Buatan makin Dibutuhkan di Sektor Jasa Pelayanan

Kecerdasan Buatan makin Dibutuhkan di Sektor Jasa Pelayanan
Ilustrasi(MI)

Salesforce, Customer Relationship Management (CRM) berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), merilis laporan terbaru tentang pendapat para profesional di bidang jasa pelayanan di 30 negara, termasuk Indonesia. Laporan tersebut mencakup prioritas, tantangan, dan strategi dalam membentuk layanan pelanggan, termasuk bagaimana memanfaatkan AI dan data untuk meningkatkan pendapatan, efisiensi, dan kepuasan pelanggan di tengah meningkatnya ekspektasi.

Dari laporan itu diketahui bahwa 80% profesional bidang jasa di Indonesia berencana meningkatkan investasi di bidang AI pada tahun ini. Itu akan difokuskan pada tiga fungsi utama yakni merespons layanan pelanggan, asisten cerdas yang menangani pelanggan, serta membuat ringkasan dan laporan kerja secara otomatis.

"Sebanyak 96% profesional bidang jasa di Indonesia yang menggunakan AI mengatakan itu sangat menghemat waktu mereka," ujar Chief Technology Officer & Vice President of Solutions Salesforce ASEAN, Gavin Barfield, melalui keterangan tertulis, Senin (24/6).

Ia mengatakan, pada era sekarang, tim layanan pelanggan tidak boleh mengabaikan penggunaan AI. Pasalnya, itu sangat berguna untuk membangun hubungan dan loyalitas yang lebih kuat. AI Generatif akan memungkinkan tim untuk memberikan pengalaman yang lebih lancar dan personal, membebaskan waktu untuk fokus pada pembangunan hubungan.

"Pada saat yang sama, data dan AI memungkinkan tim layanan untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam mendorong pertumbuhan pendapatan melalui efisiensi yang lebih besar dan aktivitas peningkatan penjualan,” tuturnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat