visitaaponce.com

Kontroversi Biaya Iklan V BTS Mengguncang Waralaba Compose Coffee

Kontroversi Biaya Iklan V BTS Mengguncang Waralaba Compose Coffee
V jadi model iklan waralaba kopi, Compose Coffee(Instagram)

COMPOSE Coffee, sebuah waralaba kopi dengan harga terjangkau, memutuskan untuk menjadikan V BTS sebagai model baru dalam rangka merayakan 10 tahun peluncuran merek tersebut tahun depan. Namun, keputusan ini menuai kontroversi setelah diungkapkan bahwa biaya iklan tersebut akan dibebankan kepada pemilik waralaba.

Dilansir dari laporan media Korea Newsis pada 20 Desember kemarin, Compose Coffee memilih V BTS sebagai model untuk kampanye peringatan 10 tahun mereka. Namun, dalam proses ini, pemilik waralaba diberitahu bahwa mereka diharapkan berbagi biaya iklan Compose Coffee bersama dengan pewaralaba lainnya.

Perkiraan biaya pelaksanaan iklan V mencapai sekitar 6 miliar won (Rp71 miliar), dan pemilik waralaba diwajibkan membayar sekitar 2 juta won (Rp23 juta) per toko sebagai kontribusi mereka. Tidak hanya itu, biaya untuk stiker iklan yang akan ditempel di jendela juga harus dibayar terpisah, dengan rentang biaya antara 200.000 hingga 300.000 won (Rp2 juta hingga Rp3,5 juta ).

Baca juga: Compose Coffee Gandeng V BTS Sebelum Mendaftar Wajib Militer

Jumlah waralaba Compose Coffee pada bulan November dilaporkan mencapai lebih dari 2.300. Meskipun biaya tambahan yang dibebankan kepada pewaralaba mencapai sekitar 5,5 miliar won (Rp65 miliar), sebagian besar beban biaya pelaksanaan iklan masih ditanggung oleh pewaralaba. Hasil voting pada bulan lalu menunjukkan bahwa sekitar 75% dari pemilik waralaba memberikan dukungan terhadap keputusan tersebut.

Namun, dalam konteks hukum, Undang-undang Transaksi Waralaba yang direvisi pada bulan Juli menyatakan bahwa periklanan dapat dilakukan kepada seluruh pewaralaba jika lebih dari 50% dari mereka menyetujuinya. Meskipun demikian, pemilik waralaba menyuarakan keberatan terhadap besarnya biaya iklan yang dikenakan kepada mereka, menganggapnya terlalu tinggi.

Baca juga: Kisah Cinta Antara V BTS dan Jennie Blackpink Diduga Kandas

Penting untuk dicatat bahwa biaya ini dianggap setara dengan biaya pemodelan BTS yang terkenal tinggi. Laporan pada tahun 2021 mencatat bahwa biaya pemodelan BTS per merek mencapai sekitar USD 3,84 juta (Rp59 miliar). Meskipun demikian, BTS berhasil bernegosiasi untuk mendapatkan jaminan 20% lebih rendah dari biaya pemodelan mereka pada tahun tersebut.

Sementara itu, Compose Coffee telah menyelesaikan sesi pemotretan iklan dengan V BTS pada awal bulan ini, menjelang keberangkatan V untuk menjalani wajib militernya. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat