visitaaponce.com

27 Penari Lolos Audisi Pagelaran Sabang Merauke

27 Penari Lolos Audisi Pagelaran Sabang Merauke 
Peserta audisi Pagelaran Sabang Merauke The Indonesia Broadway(MI/Meilani Teniwut)

SEBANYAK 27 penari terpilih dalam audisi Pagelaran Sabang Merauke The Indonesia Broadway pada Sabtu (11/5).  Dari total 50 peserta yang berkompetisi dari berbagai daerah, mereka telah menampilkan kemampuan terbaik mereka di depan para juri.

Juri-juri terkemuka, seperti Didik Nini Thowok, Isyana Sarasvati, Giok Hartono, Rusmedie Agus, dan Sandhidea Cahyo Narpati, turut hadir dalam acara audisi tersebut.

Sandhidea mengatakan penari yang dicari tidak hanya mahir dalam teknik tetapi juga memiliki kecintaan dan apresiasi yang mendalam terhadap seni budaya Indonesia.  Sementara Didik Nini Thowok menyebut menari tarian daerah merupakan salah satu aksi pelestarian budaya Indonesia. Agar terus lestari dan budaya Indonesia dikenal oleh generasi yang lebih muda, Didik mengatakan para orang tua harus mendukung anaknya untuk menjadi seniman, termasuk penari daerah. 

Baca juga : 50 Penari dari Berbagai Daerah Lolos Final Audisi Pagelaran Sabang Merauke

"Banyak yang DM (direct message)  saya, cerita kalau dia tidak boleh menjadi seniman oleh orang tuanya, banyak yang meremehkan seniman merupakan pekerjaan yang tidak menjanjikan, padahal seniman bisa menjadi duta bangsa yang mengenalkan budaya Indonesia melalui karyanya ke luar negeri," kata penari senior Didik Nini Thowok. 

Suasana di Grand Indonesia begitu meriah, dihiasi dengan tepukan tangan dan sorak sorai dari penonton yang memberikan dukungan kepada para peserta saat mereka mempersembahkan tarian-tarian wajib dan pilihan mereka.

Salah satu peserta yang berhasil lolos dalam pagelaran Sabang Merauke adalah Fachry Destyanto Matlawa dari Jayapura, Papua. Saat ditemui Media Indonesia, ia menyampaikan koreo yang dibawakan terinspirasi dari flora dan fauna di Papua. "Dan ini adalah betuk cinta saya kepada Indonesia dan juga daerah asal saya dengan bangga saya tunjukan," ucapnya.

Baca juga : Bangun Ekosistem Seni Tari dari Pusat

Lebih lanjut, pemuda 28 tahun ini menyampaikan kegembiraannya atas kesempatan ini. "Ini lebih dari sekadar kemenangan pribadi. Ini adalah kesempatan istimewa untuk berbagi seni dan budaya kita dengan dunia melalui Sabang-Merauke," ujarnya dengan penuh semangat.

Dia juga memberikan pesan motivasi kepada peserta lain yang belum berhasil, "Teruslah berjuang dan percayalah pada potensi diri kita sendiri."

Berikut adalah daftar lengkap nama-nama pemenang audisi Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway:

Baca juga : Danar Hadi Hadirkan Pagelaran Busana Sekar Arumdati di Bandung

1. Bali, Sri Ayu Pradnya Larasari
2. Banten, Ismy Pri Herlina
3. Bengkulu, Rina Damayanti
4. Jawa Barat, Devina Zahra Fauziah
5. Jawa Barat, Maria Shelia Putri
6. Jawa Barat, Rizqa Rahim Honorius
7. Jawa Barat, Wida Aulia Isma Sudrajat
8. Jawa Tengah, Sianita Arighi
9. Jawa Tengah, Wahyu Indriya Laksmi
10. Jawa Timur, Andri Muhammad Rehan
11. Jawa Timur, Ayu Ratna Sari
12. Jawa Timur, Dimas Bagus Atmananto
13. Jawa Timur, Sri Cicik Handayani
14. Jawa Timur, Wahdam Dana Sasyunanto
15. Kalimantan Barat, Ariadi
16. Kalimantan Barat, Elsi Sastia
17. Kalimantan Barat, Muhammad Fahrul
18. Kalimantan Timur, Yena Rosita
19. Papua, Fachry Destyanto Matlawa
20. Riau, Nur Aidilia Safitri
21. Sumatera Barat, Esika Gita Irawan
22. Sumatera Barat, Fazri Arif Sahputra
23. Sumatera Barat, Leoni Intan Sari
24. Sumatera Barat, Putri Monika
25. Sumatera Utara, Asmanjar
26. Sumatera Utara, Indah Natalia Situmorang
27. Yogyakarta, Pinkan Pelfiningtyas


Audisi ini melibatkan lebih dari 124 penari muda untuk turut ambil bagian. Mereka diwajibkan untuk mengirimkan video mereka menari tarian wajib dan tarian kreasi mereka yang kemudian dikirimkan ke panitia “The Audition” secara online. Dan kini yang terisisa adalah 27 untuk selanjutnya mendapatkan pelatihan intensif dari para koreografer untuk tampil dalam pertunjukan utama Pagelaran Sabang Merauke 2024 dengan tema "Pahlawan Nusantara".

Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway akan kembali digelar di Jiexpo Kemayoran Jakarta Pusat pada tanggal 17 dan 18 Agustus 2024. Acara audisi ini akan menjadi kesempatan bagi penari dari seluruh Indonesia untuk menunjukkan bakat mereka. (P-5)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akmal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat