visitaaponce.com

50 Penari dari Berbagai Daerah Lolos Final Audisi Pagelaran Sabang Merauke

50 Penari dari Berbagai Daerah Lolos Final Audisi Pagelaran Sabang Merauke
Konferensi pers Pagelaran Sabang Merauke The Indonesia Broadway.(MI/Meilani Teniwut)

SEBANYAK 50 penari dari berbagai pelosok Indonesia berhasil melangkah ke tahap final dalam audisi untuk Pagelaran Sabang Merauke The Indonesia Broadway. Acara ini, yang diselenggarakan iForce dan BCA, menjadi wadah bagi untuk mempersembahkan keahlian tari mereka dalam pertunjukan teatrikal kolosal yang menggambarkan perjalanan Pahlawan Nusantara dari Sabang hingga Merauke.

Dalam pernyataannya, Presiden Direktur & CEO iForce & Protelindo Group F Aming Santoso menyatakan, "Indonesia memiliki kekayaan seni dan budaya yang sangat beragam, serta sejarah kepahlawanan yang luar biasa. Penting bagi kami untuk memperkenalkannya kepada masyarakat melalui Pagelaran Sabang Merauke The Indonesia Broadway dengan cara yang menarik dan mudah dicerna."

Sebanyak 124 penari berbakat dari berbagai latar belakang budaya dan genre tarian mengikuti proses audisi dengan membawakan tarian wajib dan karya kreasi mereka. Dari proses tersebut, hanya 50 penari terpilih yang akan bersaing di babak final The Audition, yang akan digelar pada 11 Mei 2024.

Baca juga : Bangun Ekosistem Seni Tari dari Pusat

Para juri terdiri dari tokoh-tokoh terkemuka dunia seni, seperti Didik Nini Thowok, Rusmedie Agus, Sandhidea Cahyo Narpati, dan Giok Hartono, yang akan mengambil peran dalam menyeleksi para finalis.

Sutradara Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway Rusmedie Agus menjelaskan, "Keberagaman latar belakang budaya dan genre tarian para penari baru ini akan memberikan warna baru bagi Pagelaran Sabang Merauke, sesuai dengan tujuan pertunjukan untuk memaksimalkan potensi dari setiap daerah."

Menanggapi upaya ini, Didik Nini Thowok menambahkan, "Inisiatif iForce ini luar biasa karena memberikan apresiasi kepada kekayaan budaya Indonesia, terutama dalam seni tari. Edukasi dan partisipasi masyarakat dalam memelihara budaya merupakan hal penting dalam menjaga warisan bangsa."

Baca juga : Danar Hadi Hadirkan Pagelaran Busana Sekar Arumdati di Bandung

Sementara itu, Direktur Utama iForce Ferdinandus Aming Santoso, , menekankan bahwa tujuan dari The Audition adalah memberikan kesempatan kepada penari-penari berbakat dari seluruh Indonesia untuk tampil di panggung internasional.

Pagelaran Sabang Merauke The Indonesian Broadway akan digelar pada 17 dan 18 Agustus 2024 dan akan dipentaskan oleh beberapa artis nasional ternama seperti Isyana Sarasvati, Yura Yunita, Christine Tambunan, Yuyun Arfah, Mirabeth Sonia, Alicia Hartono dan lainnya.

Diharapkan, melalui pembelajaran dan penekanan pada keunikan tarian dari setiap daerah, setiap penari akan mampu mengeksplorasi passion mereka dalam membawa kehidupan pada setiap gerakan tubuh mereka, menciptakan pengalaman yang tidak terlupakan bagi penonton. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat